Manfaat Buah Pisang Berdasarkan Jenisnya

Pisang merupakan salah satu buah yang saat ini sudah ada banyak sekali varietasnya. Sebagian orang pasti beranggapan bahwa manfaat dari buah pisang antara jenis satu dan yang lainnya sama saja.

Perlu diketahui bahwa manfaat buah pisang berdasarkan jenisnya ini sangat menarik untuk kamu ketahui.

Jenis-jenis Pisang dan Manfaatnya Bagi Tubuh

1. Pisang Ambon

Jenis pisang ini merupakan jenis yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar Anda, tidak lain adalah pisang ambon. Pisang ambon sangat khas dengan ukuran yang lebih besar dibandingkan beberapa jenis pisang lainnya.

Beberapa kandungan nutrisi yang terkandung di dalamnya diantaranya adalah protein, zat besi, serat hingga ragam vitamin dan mineral baik.

Adapun manfaat dari pisang ambon untuk tubuh adalah dapat membantu meningkatkan tensi bagi orang-orang yang seringkali mengalami darah rendah. Disisi lain, pisang ambon juga seringkali dimanfaatkan untuk bidang kecantikan.

Caranya adalah dengan dibuat masker dan dicampurkan dengan madu. Masker ini bermanfaat untuk membuat kulit wajah menjadi lebih cerah dan menjaganya agar tetap bersih.

2. Pisang Raja

Salah satu jenis pisang yang memiliki ragam kandungan nutrisi yang baik dan dibutuhkan oleh tubuh. Beberapa diantaranya adalah protein, aneka vitamin, magnesium, zat besi, serat hingga kalium.

Dengan adanya berbagai kandungan nutrisi dan vitamin ini, membuat banyak orang percaya bahwa pisang raja dapat membantu tubuh dalam melawan radikal bebas yang masuk.

Selain itu, pisang raja juga bermanfaat dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, baik untuk pertumbuhan tulang ataupun menjaga tulang agar tetap kuat, menurunkan darah tinggi hingga mengatasi anemia.

Orang-orang yang menderita anemia disarankan untuk mengonsumsi jenis pisang ini sebanyak 3 buah sehari.

3. Pisang Tanduk

Bentuk pisang ini hampir sama dengan pisang ambon, hanya saja lebih panjang dan memiliki kandungan nutrisi yang beragam. Beberapa diantaranya adalah zat besi, serat, mangan, kalium dan berbagai macam vitamin.

Dengan memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang beragam tersebut, pisang tanduk ini bermanfaat untuk mengatasi sembelit, membantu menjaga kesehatan ginjal hingga mengatasi diabetes.

Tidak hanya itu saja, pisang tanduk juga dapat mengobati peradangan dan juga membantu dalam menambah darah. Oleh karena itu, pisang ini sangat cocok atau disarankan bagi mereka yang mengalami anemia.

4. Pisang Kepok

Pisang satu ini juga merupakan jenis yang banyak ditemui dan dikonsumsi oleh banyak orang, yaitu pisang kepok.

Jenis pisang ini seringkali diolah menjadi berbagai aneka olahan makanan ataupun minuman. Rasanya yang enak serta memiliki kandungan nutrisi seperti vitamin C, vitamin B6 hingga kalium menjadikannya diburu banyak orang.

Adapun manfaat yang didapatkan dari mengonsumsi pisang kepok secara rutin diantaranya adalah membantu masalah pencernaan. Beberapa diantaranya adalah mencegah sembelit hingga membantu meredakan maag.

5. Pisang Susu

Karakteristik dari pisang ini adalah bentuknya yang lebih berisi, namun tidak terlalu panjang. Sesuai dengan namanya, jenis pisang ini memiliki kandungan asam folat yang tinggi.

Kandungan inilah yang seringkali dibutuhkan oleh para ibu hamil untuk tumbuh kembang janin dalam kandungan. Selain itu, pisang ini juga bermanfaat untuk mengatasi rasa mual ketika hamil.

Meskipun memiliki manfaat yang baik bagi ibu hamil, namun tingginya kandungan kalori yang terdapat di dalamnya membuatnya tidak boleh dikonsumsi dalam jumlah yang banyak.

Ketika ingin mengonsumsi pisang, sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Ini seperti yang telah dibahas di atas tentang manfaat buah pisang berdasarkan jenisnya.

Konsumsilah secukupnya dan jangan terlalu banyak, imbangi juga dengan mengonsumsi buah-buahan lain.

Loading...
0 Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You May Also Like

Manfaat Buah Kurma Bagi Kesehatan

Buah Kurma merupakan buah yang mempunyai khasiat luar biasa bagi kesehatan. Kurma sangat terkenal terutama di Arab. Buah Kurma dapat dijadikan sebagai hidangan untuk cuci mulut. Manfaat dan keistimewaan buah…
View Post

Manfaat Propolis atau Lem Lebah

Propolis atau lem lebah merupakan zat resin yang diperoleh dari lebah madu. Lebah biasanya mengumpulkan getah untuk menutupi rumahnya. Getah tersebut bisa digunakan untuk obat dan bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan…
View Post
Manfaat daun sirsak

Manfaat Daun Sirsak untuk Anda Ketahui

Tidak dapat dipungkiri bahwa manfaat daun sirsak untuk kesehatan dan kecantikan masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Terlebih untuk dimanfaatkan dalam bidang kecantikan, masih jarang sekali yang mengetahuinya. Sebagian besar…
View Post

Manfaat Buah Tomat untuk Anda Ketahui

Begitu mudahnya kita menemui tomat saat ini. Di pasar tradisional ataupun di supermarket seringkali kita temui buah yang memiliki beberapa jenis warna ini. Meskipun mudah ditemui, namun banyak orang yang…
View Post