4 Peninggalan Bersejarah Di Magetan Wajib Anda Datangi Saat Liburan

4 Peninggalan Bersejarah Di Magetan Wajib Anda Datangi Saat Liburan

Candi Simbatan Magetan

image by bentengmagetan.wordpress.com

Magetan, merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Kabupaten Jawa Timur yang memiliki sejuta pesona wisata bagi para wisatawan. Daerah yang satu ini nampaknya sangat terkenal dengan potensi wisata alamnya yang eksotis dan tidak mudah dilupakan.

Dikenal sebagai daerah dengan potensi wisata alam yang sangat maju ternyata tidak membuat potensi wisata lainnya terabaikan. Salah satunya yakni potensi wisata bersejarah yang dimiliki oleh tempat satu ini. dibalik wisata alamnya yang sangat indah, ternyata daerah ini juga memiliki wisata sejarah yang tidak boleh dilupakan.

Ada banyak sekali wisata bersejarah yang bisa Anda temukan di Magetan, Jawa Timur. Yang mana setiap wisata bersejarah yang ada di daerah ini pastinya memiliki cerita tersendiri dan sangat menarik untuk Anda dalami.

Ada beberapa peninggalan bersejarah di Magetan yang bisa akan dibahas di bawah ini dan mungkin bisa Anda jadikan referensi tempat wisata saat Anda mengunjungi Magetan pada saat musim liburan.

Lalu, ada apa saja peninggalan bersejarah di Magetan yang bisa Anda kunjungi dan dijadikan sebagai tempat wisata? Berikut penuturannya untuk Anda.

1. Monumen Soco

Tempat peninggalan bersejarah di Magetan pertama yang akan dibahas adalah monument Soco. Peristiwa pemberontakan PKI merupakan salah satu peristiwa yang tidak mudah dilupakan oleh bangsa Indonesia begitu saja. peristiwa yang satu ini menjadi nilai sejarah tersendiri setelah Indonesia merdeka.

Ada berbagai tempat yang digunakan oleh para PKI untuk membantai dan menumpas habis warga yang tidak mau bergabung dengan mereka. Monument Soco menjadi saksi bisu terjadinya peristiwa berdarah dari keganasan para anggota PKI.

Bukti kekejaman para PKI disini adalah adanya monument gerbong kereta api yang disebut dengan nama “Kertopati” yang mana dahulunya digunakan untuk mengangkut para korban dari pembantaian PKI. Monuam yang terletak di Desa Soco Kecamatan Bendo ini bisa Anda tempuh kurang lebih 15 km dari kaputen Magetan.

Disini, anda akan melihat saksi sejarah secara langsung mengenai kekejaman dari pembantaian yang dilakukan oleh para PKI.

2. Candi Simbatan (Arca Dewi Sri)

Tidak hanya memiliki tempat sejarah yang menceritakan perjuangan bangsa Indonesia saja yang melawan para PKI saja, akan tetapi MAgetan juga memiliki tempat sejarah berupa candi. Candi merupakan salah satu monument bersejarah yang dapat dengan mudah Anda temukan di Indonesia.

Candi ini muncul sebagai akibat pengaruh dari agama Hindu dan Budha yang menyebar luas pada zaman dahulu sebelum datangnya agama Islam, Kristen dan agama-agama yang lainnya.

Nah, salah satu candi yang ada di Magetan adalah Candi Sambatan. Yang menarik dari candi yang satu ini adalah adanya arca yang disebut dengan arca Dewi Sri. Dahulunya, arca ini dapat mengeluarkan mata air tepat pada dada kanan dan dada kiri pada tahun 1933 hingga tahun 1942.

Sumber air bersih tersebut banyak digunakan oleh warga yang ada di Tulungagun dan Kediri sebagai obat untuk menyembuhkan segala macam penyakit. Nah, salah satu ritual yang terdapat di tempat bersejarah ini adalah bersih desa secara rutin yang dilakukan oleh warga desa setempat tepat pada Jumat Pahing bulan Muharram pada kalender islam.

Untuk bisa menjangkau tempat wisata yang satu ini Anda bisa ke arah timur sejauh kurang lebih 17 km dari arah Kota Magetan.

3. Makam G.B.R.Ay

ada banyak sekali tempat peninggalan bersejarah di Magetan semasa masa penjajahan. Salah satunya yakni makan G.B.R.Ay. makam yang satu ini merupakan makam dari G.B.R.Ay Mauretno serta Ronggo Prawirodirjo III K.P.A.H. Ronggo Pariwirodirdjo merupakan seorang Adipati Maospati Madiun III yang dihukum mati karena memberontak melawan penjelajah belanda.

Beliau dimakamkan di makam pemberontak Banyu Sumurup pada tahun 1810 lalu kemudian dinobatkan sebagai pejuang perintis melawan belanda oleh Sri Sultan Hamengku Buwono IX pada tahun 1957. Namun kemudian, beliau dimakamkan kembali di Gunung Bancak Desa Giripurno yang terletak di sebelah tenggara sejauh kurang lebih 18 km dari kota Magetan.

Sedangkan makan permaisurinya yaitu Putri Hameku Buwono II, G.B.R.Ay Maduretno digunakan sebagai tempat semedi dan juga tempat ziarah bagi masyarakat daerah setempat maupun masyarakat luar daerah.

4. Candi Reog

Menjadi salah satu daerah wisata dengan banyak potensi wisata di dalamnya ternyata membuat Magetan menyimpan banyak sekali wisata bersejarah yang bisa Anda kunjungi. Salah satunya yakni Candi Reog yang menjadi salah satu peninggalan bersejarah di Magetan.

hadirnya Candi Reog ini menjadi bukti bahwa Magetan merupakan salah satu daerah yang telah memiliki peradaban sejak dahulu. Candi Reog merupakan peninggalan pada masa Airlangga. Anda dapat dengan mudah menemukan petilasan kerajaan Majapahit disini tepatnya di Desa Cepoko Kecamatan Panekan sebelah Utara dari Kabupaten Magetan.

Itu dia empat peninggalan bersejarah di Magetan yang bisa Anda kunjungi untuk menambah wawasan serta untuk menghabiskan waktu liburan di Kabupaten Magetan ini.

Loading...
12 Shares

No Responses

Write a response

%d bloggers like this: