Kunjungi Desa Wisata Sumberdodol yang Kaya Akan Potensi Wisatanya

Kunjungi Desa Wisata Sumberdodol yang Kaya Akan Potensi Wisatanya

Indonesia, merupakan salah satu negara yang sangat kaya akan wisata alamnya. Potensi wisata alam yang satu ini bahkan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Ada banyak sekali daerah yang ada di Indonesia yang memiliki potensi wisata yang sayang untuk Anda lewatkan.

Bahkan, hampir semua daerah yang ada di Indonesia memiliki desa wisata dengan potensi wisata alam yang sangat diunggulkan. Salah satu daerah yang memiliki potensi wisata alam yang unggul ialah Magetan. Kabupaten Magetan, Jawa Timur memiliki desa wisata yang disebut dengan Desa Sumbedodol.

Desa Sumberdodol itu sendiri terletak di Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur. Desa Wisata Sumberdodol ini nampaknya memiliki potensi wisata yang sangat jarang diketahui oleh orang lain.

Mayoritas pekerjaan dari para penduduknya adalah seorang petani. Kontur tanahnya yang subur ternyata membuat desa Sumberdodol ini sangat baik untuk ditanami tanaman padi. hal tersebut merupakan salah satu kelebihan yang dimiliki oleh desa wisata yang satu ini.

Namun siapa sangaka jika Desa Sumberodol ternyata juga masih memiliki potensi wisata lainnya yakni adanya 11 mata air yang sangat luar biasa. Salah satu mata air yang terbesar adalah Mata Air Tirta Mudo.

Adanya beberapa mata air tersebut digunakan oleh warga setempat untuk mengairi sawah mereka. Tidak hanya digunakan oleh warga sekitar saja untuk mengairi sawah, akan tetapi beberapa mata air yang ada di Desa Wisata Sumberdodol ini juga digunakan oleh PDAM untuk diolah menjadi air yang siap digunakan.

Dengan adanya potensi wisata yang bisa dibilang cukup besar itu, hal ini membuat Pemerintah Provinsi Jawa Timur serta Pemerintah Kabupaten Magetan menjadikan Desa Sumberdodol menjadi salah satu pilot project desa wisata pada tahun 2009.

Dengan alasan tersebutlah yang membuat Desa Sumberdodol akhirnya dibangun kolam renang untuk anak-anak yang berada di belakang balai desa. Harga tiket untuk masuk ke kolam renang tersebut pun sangat murah, Anda hanya perlu membayar harga tiket sebesar Rp. 2000 saja per orangnya.

Walaupun masih dalam taraf pembangunan, akan tetapi kolam renang tersebut selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan pada musim liburan. Desa Wisata Sumberdodol rencananya juga akan dibangun sebuah taman bermain anak-anak yang terletak berdekatan dengan kolam tersebut.

Desa Wisata Sumberdodol merupakan salah satu tempat wisata yang sangat tepat untuk menghabiskan waktu liburan bersama dengan keluarga tercinta. Lokasinya yang terletak di lereng Gunung Lawu membuat desa wisata ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang sedang berlibur ke Magetan.

Saat Anda berlibur kesini, Anda akan disuguhkan oleh pemandangan alam yang mampu menyegarkan mata. Selain itu, udara yang ada di desa wisata ini juga sangat segar. Jadi, bisa Anda jadikan sebagai salah satu tempat untuk merefresh badan dan pikiran.

Selain memiliki potensi wisata yang telah disebutkan di atas. Ternyata Desa Wisata Sumberdodol juga memiliki potensi wisata untuk pertanian. Hal ini dikarenakan  Desa Wisata Sumberdodol memiliki tanah yang sangat subur sehingga sangat tepat untuk ditanami padi dan juga beberapa sayuran.

Beberapa sayuran yang ditanam di Desa Wisata Sumberdodol ini seperti tomat, kubis, sawi, bawang merah, jagung, selada dan masih banyak yang lainnya. Kualitas sayuran dari Desa Wisata Sumberdodol ini bisa dibilang memiliki kualitas yang sangat tinggi. Kualitas tanahnya yang sangat subur membuat daerah yang satu ini mempunyai sayuran yang baik dengan mutu tinggi.

Bagi Anda yang memiliki rencana untuk berlibur ke Magetan, mengunjungi Desa Wisata Sumberdodol yang satu ini merupakan hal yang wajib untuk Anda lakukan. Pemandangan alamnya yang sangat asri membuat desa wisata yang satu ini menjadi desa wisata unggulan yang sangat direkomendasikan bagi Anda.

Menjadi tempat wisata yang sangat pas untuk berlibur bersama keluarga membuat desa wisata yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat untuk berkumpul bersama dengan orang-orang tercinta. Selain Anda bisa menikmati panorama keindahan dari tempat wisata ini, Anda juga bisa mengajak anak-anak untuk bermain di kolam renang anak dan taman yang telah disediakan.

Kolam di Sumber Dodol mirip dengan umbul Ponggok di Klaten lho, kedepan. kolam renang ini dapat dipakai untuk snorkling (saat ini masih dipersiapkan)

Anda juga bisa melihat atau bahkan ikut andil dalam kegiatan pertanian di Desa Wisata Sumberdodol ini. sebuah pengalaman liburan yang sangat asik dan seru bukan?  Jadi tunggu apa lagi? Segera masukkan Desa Wisata Sumberdodol ini ke dalam daftar wisata Anda selama Anda berlibur ke Magetan, Jawa Timur.

Mungkin Anda juga bisa membawa pulang berbagai macam sayuran yang ada di Desa Wisata Sumberdodol untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Apalagi, sayuran yang ada di desa wisata ini terkenal memiliki kualitas yang tinggi yang tentunya mengandung berbagai macam nutrisi yang baik bagi tubuh Anda.

 

4 Shares

No Responses

Show all responses

Write a response

%d bloggers like this: