Budidaya Lele Sangkuriang

Keunggulan dan Kelemahan Budidaya Lele Sangkuriang

Ikan Lele sangat terkenal di Indonesia, termasuk jenis Lele Sangkuriang. Lele ini dapat dibudidaya di berbagai daerah karena keunggulanya.

Budidaya Lele mudah dan tidak memerlukan biaya pemeliharaan yang mahal. Ikan Lele juga dapat dijadikan peluang usaha yang menjanjikan. Sehingga banyak yang memelihara ikan Lele saat ini.

Keunggulan Ikan Lele Sangkuriang

Lele jenis ini merupakan hasil perkawinan Lele Dumbo dengan kerabatnya. Sehingga dihasilkan bibit yang lebih unggul.

Jenis Sangkuriang juga mempunyai keunggulan dan kelemahan dalam pemeliharaanya. Berikut keunggulan Lele jenis Sangkuriang untuk dibudidaya.

1. Pertumbuhan Lebih Cepat

Jenis Sangkuriang mempunyai pertumbuhan yang lebih cepat dibandingkan dengan Lele Dumbo. Sangkuriang juga mempunyai panjang 2 hingga 3 cm lebih besar.

Hanya membutuhkan waktu 20 hari panjang Lele bisa mencapai 6 cm. Pertumbuhan akan lebih cepat jika dipelihara di suhu minimal 25 derajat.

2. Produktivitas Telur Lebih Banyak

Lele jenis Sangkuriang mempunyai produktivitas telur dan kemampuan menetaskan telur lebih tinggi. Kemampuan produktivitas telur ini bisa mencapai 90 persen dibandingkan dengan Lele Dumbo. Kemampuan menetaskan telur juga bisa dua kali lebih tinggi daripada Lele Dumbo.

3. Tahan Terhadap Penyakit

Lele jenis Sangkuriang mempunyai ketahanan terhadap penyakit lebih tinggi daripada Lele Dumbo. Dalam kolam Lele ini mengandung bakteri Ichthiophthirius sp. dan juga Trichoda sp.

Namun, Lele mampu bertahan hidup dari serangan bakteri tersebut. Untuk tetap menjaga pertumbuhan Lele, lebih baik jika tetap dilakukan pencegahan untuk penyakit tersebut.

 4. Pertumbuhan Fisik Lebih Besar

Pertumbuhan fisik Lele jenis Sangkuriang juga lebih besar. Karena produktivitas telur dan kemampuan menetaskan telur lebih tinggi.

Fisik ikan ini bisa mengungguli ikan Lele lainya. Dan siap dipanen dalam waktu yang lebih cepat dengan hasil yang memuaskan.

5. Pemeliharaan Lebih Mudah

Memelihara jenis Lele ini juga lebih mudah. Karena tidak membutuhkan lahan yang luas atau besar. Cukup dengan kolam portal, Lele sudah bisa dipelihara.

Jenis Lele ini sangat cocok dipelihara di daerah yang panas. Karena kemampuan Lele yang berbeda dan dapat beradaptasi dengan baik.

6. Jenis Pakan Mudah

Jenis pakan untuk Lele ini juga mudah. Karena Ikan Sangkuriang bisa memakan jenis makanan apa saja.

Karena itu pertumbuhan fisik ikan Lele ini lebih besar dan tumbuh lebih cepat dibandingkan Lele biasanya. Namun, selalu perhatikan kadar oksigen dalam kolam tersebut, agar Lele tetap tumbuh dengan baik.

Baca juga: cara membuat pakan lele alternatif

7. Kualitas Daging Bagus

Bukan hanya tubuhnya yang lebih besar, kualitas daging ikan Sangkuriang juga bagus. Dagingnya mengandung nutrisi yang lebih padat.

Lele jenis Sangkuriang juga mempunyai omega 3 dan sedikit mengandung lemak. Rasa dagingnya lebih gurih dan enak sehingga sangat terkenal untuk dijadikan makanan atau kuliner.

Kelemahan Budidaya Ikan Lele Sangkuriang

Lele jenis ini juga mempunyai kelemahan pada perubahan Ph air atau kolam. Sehingga jika terjadi hujan, harus segera dilakukan pembersihan pada kolam tersebut.

Hujan mempunyai kadar asam yang tinggi sehingga dapat menyebabkan ikan Lele mati. Terutama pada daerah kota dengan kadar asam yang lebih tinggi.

Walaupun perkotaan mempunyai hujan yang lebih asam, Anda tetap bisa memeliharan jenis Lele ini. Karena budidaya Lele jensi Sangkuriang lebih mudah dibandingkan Lele lainya.

Anda hanya perlu memperhatikan kadar kolam jika musim hujan. Dan pastikan untuk selalu membersihkan kolam jika sudah banyak kotoran yang masuk ke kolam tersebut.

Budidaya ikan Lele memang sangat menguntungkan. Namun, jika Anda tidak bisa memilih jenis Lele yang tepat sesuai dengan daerah Anda. Lele tidak bisa tumbuh dengan maksimal.

Oleh karena itu, pilihlah Lele Sangkuriang untuk budidaya ikan Lele yang menguntungkan.

Loading...
0 Shares

No Responses

Write a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: