Manfaat Propolis atau Lem Lebah

Manfaat Propolis atau Lem Lebah

Propolis atau lem lebah merupakan zat resin yang diperoleh dari lebah madu. Lebah biasanya mengumpulkan getah untuk menutupi rumahnya.

Getah tersebut bisa digunakan untuk obat dan bermanfaat untuk kesehatan. Kandungan nutrisi dan manfaat propolis ini biasanya sebagai obat herbal salah satunya sebagai anti nyeri tubuh.

Kandungan Propolis

Propolis berwarna coklat tua dan lengket. Biasanya propolis menjadi keras jika suhunya rendah.  Propolis mempunyai kandungan nutrisi kimia yang bervariasi.

Kandungan nutrisi tersebut sesuai dengan bahan yang dikumpulkan dari lebah. Kandungan nutrisi pada propolis yaitu:

1. Resin

Resin yang ada dalam propolis sebesar 45% sampai 55%. Resin berfungsi untuk melindungi tubuh dari penyakit dan virus serta cuaca buruk.

Resin mengandung senyawa yang terdiri dari keton, steroid, lakton, asam benzonat dan vitamin C, E, A B1 dan juga B2.

2. Pollen

Propolis juga mengandung pollen yang merupakan zat tepung dari sari bunga jantan dari kaki lebah. Pollen mengandung protein dan asam amino serta mengandung zat arginin dan prolin yang bermanfaat bagi kesehatan.

3. Senyawa Lilin

Lem lebah mengandung dua senyawa lilin yaitu lilin putih dan lilin kuning. Lilin diproduksi oleh lebah yang bertugas sebagai lebah pekerja. Senyawa lilin mengandung zat lain yaitu asam lemak, ikatan ester dan juga rantai alkohol hidrokarbon.

4. Mineral

Propolis mengandung mineral yaitu magnesium, seng, fosfor, zat besi, mangan, kalium, kalsium, natrium dan juga flour. Mineral yang paling banyak terdapat dalam lem lebah ini adalah seng dan zat besi. Sehingga baik untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Propolis Bagi Kesehatan

Propolis bermanfaat bagi kesehatan segala usia. Baik untuk balita, orang dewasa, maupun orang yang sudah memasuki usia tua. Manfaat lem lebah ini adalah sebagai berikut.

1. Membantu perkembangan otak

Propolis bermanfaat untuk membantu perkembangan otak pada balita. Balita membutuhkan propolis sebagai imunisasi alami dan perkembangan otak anak.

2. Meningkatkan kecerdasan anak

Selain untuk balita, propolis juga baik untuk anak-anak. Propolis mampu meningkatkan kecerdasan anak dan meningkatkan sistem kerja otak sehingga anak lebih cerdas dan pintar.

3. Menambah nafsu makan

Lem lebah mengandung zat dan vitamin yang dapat menambah nafsu makan anak Anda. Baik pada saat usia balita maupun saat masuk usia anak-anak.

4. Mencegah keterbelakangan mental

Usia balita harus diperhatikan dengan baik, khususnya harus diberikan amunisi yang baik, salah satunya propolis. Agar terhindar dari gejala keterbelakangan mental dan sebagainya.

5. Meningkatkan daya tahan tubuh

Propolis juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh anak serta mampu meningkatkan hormon pertumbuhan dalam tubuh. Sehingga anak sehat, cerdas dan aktif bergerak.

6. Menghambat radikal bebas

Bagi Anda yang sedang mengalami masalah kesehatan atau sedang sakit, Anda dapat mengkonsumsi propolis.

Karena propolis dapat menghambat dan melawan radikal bebas yang masuk dalam tubuh. Dan mencegah penyakit lain yang masuk dalam tubuh.

7. Menambah Kesuburan

Propolis bermanfaat bgai para wanita untuk meningkatkan kesuburan. Propolis juga mampu melancarkan haid dan menjaga tubuh agar tetap awet muda. Kandungan zat didalamnya mampu mengobati penyakit pada kewanitaan Anda.

8. Memulihkan Stamina

Selain untuk wanita, propolis juga bermanfaat untuk memulihkan stamina pria. Mencegah penyakit prostat, sakit pinggang serta batu ginjal. Serta dapat memperlancar buang air besar.

9. Membersihkan Rahim

Propolis bermanfaat untuk wanita hamil agar rahimnya tetap bersih dari virus dan bakteri. Serta mampu melindungi janin dari penyakit dan virus sehingga pertumbuhanya lebih cepat dan baik.

Kandungan nutrisi dan manfaat propolis untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Propolis Propolis mampu mencegah penyakit yang muncul pada usia tua. Penyakit tersebut yaitu diabetes, darah tinggi, asam urat, stroke, katarak dan sebagainya.

Loading...
0 Shares

No Responses

Write a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: