Roti Bolu Magetan

6 Oleh-Oleh Khas Magetan yang Sayang untuk Anda Lewatkan

Pada saat berlibur, kurang rasanya jika tidak membawa buah tangan bagi orang-orang terdekat yang ada di rumah. Ya, buah tangan atau yang juga disebut dengan oleh-oleh menjadi salah satu hal yang wajib untuk dibeli setelah berlibur baik untuk dijadikan sebagai kenang-kenangan ataupun hadiah bagi orang-orang terdekat Anda.

Nah, Indonesia merupakan salah satu negara yang mana selain kaya dengan potensi wisata alamnya, namun juga kaya akan kerajinan tradisional serta kuliner yang sangat memikat hati para wisatawan. Ada banyak sekali daerah yang memiliki oleh-oleh atau buah tangan yang biasanya digunakan sebagai ciri khas dari suatu daerah tersebut.

Magetan, menjadi salah satu daerah yang tidak hanya memiliki keindahan wisata alam yang sangat menarik namun juga memiliki oleh-oleh yang sangat khas dan tidak boleh Anda lupakan ketika berlibur ke kota yang satu ini.

Oleh-oleh khas Magetan berbeda dengan oleh-oleh yang ada daerah lainnya. Oleh-oleh dari daerah yang satu ini berbeda dengan oleh-oleh yang berasal dari daerah lainnya sehingga membuat buah tangan dari Magetan selalu memiliki ciri khas tersendiri yang membedakannya dengan daerah lain.

Nah, bagi Anda yang penasaran ada apa saja Oleh-oleh khas Magetan yang bisa Anda dapatkan sebagai buah tangan dari kota yang satu ini, berikut adalah daftar oleh-oleh dari Magetan yang bisa Anda jadikan sebagai buah tangan.

1. Roti bolu

Roti bolu, menjadi Oleh-oleh khas Magetan pertama yang akan dibahas. Roti bolu merupakan sebuah roti yang memiliki bentuk bulat lonjong dengan rasa manis seperti layaknya roti pada umumnya. Namun, berbeda dengan roti yang satu ini Anda juga akan merasakan rasa gurih dan lembut sekalogis ketikan menggigitnya.

Menjadi buah tangan andalan para wisatawan pun membuat roti bolu yang satu ini mudah untuk Anda dapatkan di pusat oleh-oleh ataupun di warung-warung pinggir jalan.

2. Jenang candi

Jenang menjadi salah makanan tradisional yang bisa Anda dapatkan di beberapa daerah terutama di Jawa Tengan ataupun Jawa Timur. Namun, berbeda dengan jenang pada umumnya, jenang candi yang satu ini memiliki cita rasa yang berbeda jika dibandingkan dengan jenang di daerah lainnya.

Rasanya yang lebih kenyal dan warnanya yang lebih hitam membuat jenang candi yang satu ini berbeda dengan jenang-jenang yang ada di daerah lainnya. Nah, satu fakta yang harus Anda ketahui dari jenang ini adalah jenang candi hanya dibuat di Desa Candi, Magetan.

Hal ini dikarenakan jenang tersebut harus dibuat dengan menggunakan komposisi bahan yang pas dan penuh dengan kesabaran. Jadi, tidak sembarang orang bisa membuatnya. Selain itu, rasa gurih serta taburan biji wijen yang ada di atasnya membuat jenang yang satu ini memiliki cita rasa tersendiri.

3. Jadah

Jadah atau yang juga disebut dengan tetel merupakan jajanan tradisional yang sudah sangat jarang untuk Anda temukan kecuali dalam beberapa acara seperti lamaran, pernikahan, 7 bulanan atau yang lain sebagainya.

Jadah, merupakan jajanan Oleh-oleh khas Magetan yang tidak boleh Anda lupakan. Hal ini dikarenakan jadah memiliki cita rasa yang gurih serta tekstur yang sangat lembut dan kenyal.

4. Wajik ketan

Mungkin sebagian dari Anda sering menemukan jajanan tradisional ini di pasar-pasar tradisional yang ada di beberapa daerah. Wajek ketan, merupakan jajanan pasar yang dibuat dengan menggunakan beras ketan putih dan dipadukan dengan menggunakan gula merah.

Dengan perpaduan kedua bahan tersebut hal ini meciptakan rasa yang gurih dan juga manis pada saat Anda mencicipinya.

5. Madu mongso

Madu mongso adalah Oleh-oleh khas Magetan yang sangat terkenal. Oleh-oleh yang satu ini pada umumnya hanya ditemukan pada acara tertentu saja misalnya pada saat hari raya Lebaran. hal ini dikarenakan proses pembuatan jajanan tradisional yang satu ini bisa dibilang cukup rumit dan membutuhkan waktu yang lama.

Namun untuk rasa yang dihasilkan dari jajanan tradisional yang satu ini tentu sangatlah unik. Dimana Anda akan merasakan cita rasa manis sekaligus masam dengan tekstur yang kasar dan empuk. Tak heran, jika jajanan tradisional yang satu ini sangat disukai oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

6. Lempeng

Nah, jika sedari tadi terus membahas Oleh-oleh khas Magetan yang memiliki cita rasa manis, saat ini waktunya untuk membahas buah tangan khas Magetan yang memiliki cita rasa gurih serta asin. Kerupuk lempeng, menjadi salah satu oleh-oleh khas Magetan yang tidak boleh Anda lupakan.

Anda bisa menemukan kerupuk yang satu ini di beberapa tempat wisata ataupun di warung-warung pinggir jalan di daerah magetan.

Itu dia beberapa Oleh-oleh khas Magetan yang bisa Anda jadikan buah tangan untuk orang-orang terdekat Anda. Jangan lupa untuk membeli beberapa daftar oleh-oleh di atas sebelum liburan Anda usai.

[adsforwp id=”180″]

Loading...
0 Shares

No Responses

Write a response

%d bloggers like this: