Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan

Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan

Dari sekian banyak buah yang ada, buah Manggis dapat dikatakan sebagai buah yang menjadi favorit bagi banyak orang. Rasanya yang manis dan asam ini sangat menyegarkan dan membuat orang tertarik untuk mengkonsumsinya.

Selain lezat, ternyata manfaat buah Manggis bagi kesehatan juga banyak. Menarik sekali bukan? Anda akan segera mengetahui jawabannya pada artikel berikut ini!

Manfaat Buah Manggis Bagi Kesehatan

Buah yang memiliki kulit berwarna ungu kehitaman ini mengandung segudang kebermanfaatan, utamanya untuk kesehatan. Apa sajakah manfaatnya? Antara lain adalah sebagai berikut:

1. Membantu program diet Anda

Tahukah Anda bahwa ternyata mengkonsumsi Manggis dapat membantu program diet Anda, lho! Karena berdasarkan penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi Manggis secara rutin akan membuat orang tersebut memiliki IMT yang lebih rendah.

Hal ini karena Manggis diyakini memiliki kandungan zat anti peradangan yang mana berperan penting untuk meningkatkan metabolisme lemak.

Nah, dengan demikian Anda bisa mengkonsumsi Manggis untuk mendampingi diet Anda. Meskipun begitu, jangan lupa untuk mengimbangi diet Anda dengan mengkonsumsi makanan sehat lainnya dan juga berolahraga.

2. Peningkatan daya tahan tubuh

Manfaat buah Manggis bagi kesehatan yang kedua adalah mampu meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Hal ini karena kandungan yang ada di Manggis yang antara lain adalah serat, vitamin C, mineral, dan juga xanthones. Kandungan tersebutlah yang dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga daya tahan tubuh.

3. Mengontrol gula darah

Mengkonsumsi Manggis secara rutin juga mampu membantu Anda untuk mengontrol gula darah. Hal ini dikarenakan Manggis mengandung serat dan juga xanthones yang diklaim oleh banyak ahli bahwa mampu membantu menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh.

4. Mencegah kanker

Buah lezat satu ini ternyata juga bisa menjadi makanan yang mampu menurunkan resiko mengidap kanker. Mengapa demikian? Karena ada kandungan yang terdapat pada Manggis yang sifatnya antioksidan dan juga antiiflamasi. Dua sifat kandungan tersebut mampu melawan perkembangan serta penyebaran sel kanker.

5. Meredakan radang sendi

Selain manfaatnya diatas, Manggis juga mampu membantu meredakan radang sendi yang mungkin Anda alami. Meskipun hal ini masih diteliti lebih lanjut kebenarannya, tetapi tidak ada salahnya untuk rajin mengkonsumsi Manggis untuk mendapatkan segudang manfaat lainnya.

6. Membuat kulit sehat dan cantik

Jika Anda mengkonsumsi Manggis secara rutin, Anda akan mendapatkan manfaatnya pula untuk kulit Anda. Kulit Anda akan semakin sehat karena kandungan yang terdapat pada Manggis mampu menutrisi dan mencukupi kebutuhan kulit. Bukan hanya itu, tetapi juga membuatnya nampak cantik.

Tips Mengolah Buah Manggis

Jika Anda bosan mengkonsumsi Manggis hanya dengan langsung memakannya, maka mungkin Anda perlu melakukan beberapa variasi. Anda bisa memvariasikan Manggis Anda dengan membuatnya sebagai:

1. Jus Manggis

Anda bisa membuat jus Manggis untuk menemani hari hari yang panas Anda. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mengupas Manggis dan memisahkan dari bijinya, kemudian memblendernya dengan air. Sajikan jus Manggis Anda dengan esbatu agar jus Anda semakin segar.

2. Campuran Sop Buah

Anda juga bisa mengkolaborasikan sop buah Anda dengan buah yang satu ini. Supaya kreatif, Anda bisa mengganti kuah sop buah Anda dengan air perasan jeruk. Tambahkan buah Manggis dan buah lainnya pada sop buah Anda.

Kini Anda telah mengetahui bahwa ternyata memang banyak sekali manfaat yang akan Anda dapatkan jika Anda rajin mengkonsumsi Manggis. Maka dari itu, usahakan selalu mengkonsumsi buah yang satu ini, ya!

Loading...
0 Shares

No Responses

Write a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: