Manfaat Susu Kambing Bagi Kesehatan Tubuh Manusia

Daging kambing memang bermanfaat untuk membantu menaikkan tensi darah bagi orang-orang yang menderita darah rendah.

Tidak hanya dagingnya saja yang memiliki segudang manfaat bagi tubuh, begitu juga dengan susu yang dihasilkan. Manfaat susu kambing bagi manusia sangatlah beragam dan beberapa orang belum mengetahuinya.

Keuntungan Mengonsumsi Susu Kambing

1. Membantu Menjaga Sistem Pencernaan

Secara umum, dalam perut manusia sudah terdapat bakteri baik yang bertugas dalam menjaga sistem pencernaan.

Akan tetapi, jumlah bakteri yang baik ini bergantung pada makanan yang dikonsumsi. Menariknya adalah susu kambing ini memiliki kandungan senyawa prebiotik yang merupakan makanan bagi bakteri baik.

Dengan mengonsumsi susu kambing, maka jumlah bakteri baik akan meningkat. Jika jumlahnya sudah normal atau bahkan lebih banyak, maka proses metabolisme tubuh juga akan lebih baik.

Bakteri baik akan bekerja dalam mencerna makanan pada usus dan membantu melawan bakteri jahat.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Taukah Anda bahwa susu kambing juga memiliki kandungan mineral yang dibutuhkan tubuh, salah satunya adalah kalium. Konsentrasi kalium yang terdapat pada susu kambing lebih tinggi jika dibandingkan dengan susu sapi.

Manfaatnya adalah dapat menjaga tekanan darah agar tetap stabil, dimana ia akan bekerja dengan mengurangi kadar natrium.

Kadar natrium yang berlebihan ini akan berdampak buruk bagi kesehatan, salah satunya adalah membuat tekanan darah menjadi naik.

Jika tekanan darah tinggi berangsur lama, akan tidak baik bagi kondisi jantung. Dengan mengonsumsi susu kambing, maka secara tidak langsung akan membantu menjaga kesehatan jantung.

3. Menghambat Terjadinya Osteoporosis

Bagi orang-orang yang sudah lanjut usia, tentunya tidak bisa menghindari yang namanya osteoporosis. Semakin tinggi usia seseorang, maka semakin besar persentase terjangkitnya.

Namun hal tersebut dapat dicegah dengan mengonsumsi susu kambing sesuai dengan aturan. Kandungan yang terdapat pada susu kambing dapat membantu dalam menghambat osteoporisis.

Kandungan asam amino triptofan pada susu kambing akan bekerja dalam memadatkan tulang, mempercepat proses pertumbuhan hingga mencegah terjadinya pengapuran tulang.

Ketika ingin mengonsumsinya, sebaiknya dikonsulitasikan dahulu kepada dokter jika ditemukan reaksi alergi dan sejenisnya.

4. Membantu Menjaga Kesehatan Sel

Manfaat selanjutnya dari susu kambing adalah dapat membantu dalam menjaga kesehatan sel dalam tubuh manusia. Ini dikarenakan adanya kandungan asam triptofan dan kalium yang cukup tinggi di dalamnya.

Menariknya adalah susu kambing juga membantu dalam meningkatkan produksi hormon serotin yang dapat mempengaruhi suasanya hati seseorang.

5. Tidur Menjadi Lebih Nyenyak

Bagi Anda yang kesulitan dalam tidur atau merasa tidur kurang nyenyak akibat aktivitas sehari-hari, boleh mencoba mengonsumsi susu kambing ketika hendak tidur.

Pasalnya, pada beberapa orang yang mencoba mengonsumsi 1 gelas susu kambing sebelum tidur, terbukti kualitas tidurnya menjadi lebih baik.

6. Membantu Meningkatkan pH Tubuh

Tubuh tentunya memiliki standar kadar pH dalam tubuh yang didasarkan pada asam dan basa. Umumnya, seseorang akan memiliki pH yang normal berkisar 7-7,4.

Jumlah tersebut dapat berubah-ubah sesuai dengan kondisi kesehatan Anda. Jika kadar pH tubuh menurun, maka tubuh akan lebih rentan terhadap penyakit.

Dalam hal ini, Anda bisa memanfaatkan susu kambing untuk mengembalikan pH tubuh menjadi normal kembali. Jika pH tubuh sudah normal, maka sistem imun sudah dapat bekerja dengan optimal dalam menangkal radikal bebas.

Manfaat susu kambing bagi kesehatan tubuh manusia di atas merupakan pilihan terbaik diantaranya yang lainnya. Meskipun memiliki ragam manfaat yang baik, namun Anda harus mengontrol jumlah konsumsi dalam seharinya.

Jangan terlalu banyak dan juga terlalu sering karena pada beberapa orang yang sensitif akan menimbulkan efek samping.

Loading...
0 Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You May Also Like

Ketahui Efek Samping Daun Sirsak

Baik daun sirsak ataupun buah sirsak memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Daunnya yang memiliki cita rasa pahit memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk melawan kanker. Beberapa orang yang mengonsumsinya…
View Post
Manfaat Beras Hitam

Manfaat Beras Hitam yang Luar Biasa

Beras hitam, memang belum banyak dikenal jika dibandingkan dengan beras putih dan merah. Namun manfaatnya tidak main-main. Disebut sebagai beras terlarang, karena pada zaman Cina Kuno hanya dikonsumsi oleh keluarga…
View Post

Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Siapa yang tidak kenal daun salam. Daun ini selalu hadir hampir di setiap masakan Indonesia. Kandungan dan manfaat daun salam cukup beragam baik bagi kesehatan maupun memberikan cita rasa lebih…
View Post