Manfaat Lidah Buaya untuk Masker Kecantikan

Manfaat Lidah Buaya untuk Masker Kecantikan

Sudah pernah dengar aloevera gel? Manfaat lidah buaya untuk kecantikan dan kesehatan kulit memang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Sampai-sampai perusahaan Korea Selatan mengeluarkan produk yang menggunakan aloe vera dan menjadi produk kecantikan yang booming banget di Indonesia.

Manfaat Lidah Buaya

Lidah buaya ini punya beragam manfaat tidak hanya untuk kulit wajah saja. Manfaat dari tanaman lidah buaya mulai dari menutrisi kulit, melancarkan sistem pencernaan, dan menyehatkan rambut.

1. Menyembuhkan luka

Lidah buaya berguna untuk mempercepat penyembuhan luka. Kandungan antioksidan di dalam lidah buaya berguna untuk memicu produksi keratin yang bermanfaat untuk merekatkan jaringan kulit sehingga luka mudah menutup.

Aloe vera juga bermanfaat untuk melawan bakteri dan memingkatkan produksi kolagen sehingga bekas luka lebih tersamarkan. Jadi, kalau Anda punya bekas luka seperti luka bakar, sunburn, atau sekadar teriris saat memasak, maka gel aloe vera bisa digunakan untuk menyamarkan bekas luka tersebut.

2. Menutrisi kulit

Aloe vera bisa memberikan Anda nutrisi untuk kulit. Kandungan berbagai vitamin di dalam aloe vera tentu bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit serta mencegah terjadinya penuaan dini.

Lidah buaya juga berguna untuk melawan radikal bebas sehingga bisa mencegah kerusakan kulit serta mempercepat regenerasi kulit.

3. Melembabkan kulit

Kandungan air yang tinggi mencapai 99% membuat gel aloe vera mudah diserap kulit. Selain itu, aloe vera juga mengandung berbagai polisakarida yang berguna untuk melembabkan kulit.

Gel aloe vera sangat cocok untuk berbagai jenis kulit dari yang kering sampai berminyak.

4. Melancarkan sistem pencernaan

Jika Anda tertarik untuk mengonsumsi lidah buaya dalam bentuk jus ataupun langsung dimakan, maka aloe vera bisa berguna untuk melancarkan sistem pencernaan dan mencegah sembelit. Lidah buaya juga bisa menetralkan jumlah bakteri dalam sistem pencernaan.

5. Menyehatkan rambut

Aloe vera untuk kesehatan rambut tentu sudah tidak asing lagi. Nenek moyang kita sudah sering mengoles-oleskan lidah buaya ke rambut untuk menjaga kesehatan rambut mereka. Lidah buaya juga berguna untuk mengurangi ketombe dan melembabkan kulit kepala sehingga tidak terlalu kering.

Selain mengurangi ketombe, lidah buaya berguna untuk mengurangi rasa gatal berlebih yang dikarenakan ketombe dan membersihkan kulit kepala. Dengan menggunakan lidah buaya secara rutin, tentu Anda tidak perlu takut lagi dengan ketombe yang terlihat.

Lidah Buaya untuk Masker

Karena lidah buaya bermanfaat bagi kulit dan rambut jadi tidak ada salahnya menggunakan lidah buaya untuk masker.

Untuk masker wajah, sebenarnya Anda bisa mendapatkannya dengan cara membeli aloe vera gel di berbagai toko karena memang sudah banyak dijual bebas.

Tapi, jika ingin membuat masker sendiri yang alami, bisa menggunakan cara berikut:

  1. Cuci aloe vera hingga bersih dan berkurang lendirnya
  2. Pisahkan daging lidah buaya dengan kulitnya kemudian haluskan
  3. Anda bisa mencampurkannya dengan madu, tea tree oil, kayu manis, perasan lemon, atau campuran gula halus dan minyak kelapa
  4. Setelah itu, oleskan di wajah sampai merata
  5. Tunggu sampai 10 menit
  6. Bilas wajah sampai bersih

Lidah Buaya untuk Nutrisi Rambut

Sedangkan untuk mendapatkan rambut yang sehat, kuat, dan berkilau, Anda bisa menggunakan masker rambut dari lidah buaya.

Masih cukup jarang masker ini dijual bebas, tetapi Anda bisa membuatnya sendiri kok di rumah dengan cara yang cukup simple.

  1. Cuci aloe vera hingga bersih
  2. Pisahkan daging dan kulit lidah buaya
  3. Haluskan daging lidah buaya
  4. Oleskan dari ujung kulit kepala sampai ujung rambut sambil sesekali dipijat
  5. Tunggu hingga kering atau sampai 1 jam
  6. Cuci rambut sampai bersih

Penggunaan masker rambut dan masker wajah relatif lebih aman jika digunakan dalam jangka waktu yang tepat. Tetapi Anda tetap perlu melakukan skin test untuk mengetahui apakah kulit Anda alergi terhadap gel aloe vera.

Karena jika Anda menggunakannya dalam jumlah banyak tanpa skin test, bukan kulit bersih dan sehat yang didapat tapi justru kulit gatal dan kemerahan karena alergi.

Loading...
0 Shares

No Responses

Write a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: