Konsumsi Secara Rutin untuk Dapatkan 5 Manfaat Buah Pepaya Ini

Konsumsi Secara Rutin untuk Dapatkan 5 Manfaat Buah Pepaya Ini

Buah pepaya atau Carica papaya adalah buah yang berasal dari daratan Amerika Latin yang kemudian menyebar hingga ke seluruh daerah tropis di dunia.

Di Indonesia, buah ini banyak dikonsumsi karena memberikan berbagai manfaat baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Manfaat buah pepaya yang beragam menjadikan buah ini menjadi favorit banyak orang.

Beragam produsen produk kecantikan juga menggunakan buah pepaya sebagai bahan dasar dalam pembuatan produk mereka.

Alasannya tentu karena pepaya memberikan dampak positif bagi kesehatan kulit wanita. Selain itu, penggunaan buah pepaya juga menjadikan produk tersebut terlihat lebih alami.

Kandungan dan Manfaat Buah Pepaya

Buah pepaya mengandung berbagai vitamin esensial bagi tubuh seperti vitamin A, B, E, K, serat, folat, potassium, magnesium, dan kalsium.

Banyaknya vitamin yang dikandung oleh buah pepaya menjadikan buah ini bisa memberikan beragam manfaat bagi tubuh.

1. Menjaga kesehatan mata

Buah pepaya mengandung beragam vitamin salah satunya adalah vitamin A. Kalau diingat-ingat pada pelajaran SD, vitamin A berguna untuk menjaga kesehatan mata.

Vitamin A adalah salah satu senyawa yang dibutuhkan oleh mata dan menghasilkan pelembab alami untuk bola mata sehingga mata tidak kering.

Kandungan lain dalam buah pepaya yang berguna untuk menjaga kesehatan mata adalah zeaxanthin yang merupakan antioksidan.

Senyawa ini berguna untuk menjaga kesehatan mata dan mencegah serta menurunkan risiko degenerasi macular atau penurunan kemampuan penglihatan yang disebabkan oleh usia.

2. Menyehatkan rambut

Vitamin A pada buah pepaya selain berguna untuk menyehatkan mata, juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan rambut.

Vitamin ini adalah salah satu senyawa yang diperlukan tubuh untuk produksi sebum atau minyak dalam tubuh. Minyak ini berguna untuk melumasi rambut sehingga rambut tetap lembab dan tidak terlalu kering.

Pepaya juga bisa memperkuat rambut sehingga dapat mencegah rambut rontok yang secara tidak langsung juga dapat mencegah terjadinya kebotakan.

Selain memperkuat rambut, pepaya juga berguna untuk menjaga kesehatan kulit kepala sehingga dapat mengatasi masalah ketombe.

Anda bisa memanfaatkannya dengan mengonsumsi langsung atau menggunakannya sebagai masker rambut.

3. Melancarkan sistem pencernaan

Manfaat buah pepaya untuk melancarkan sistem pencernaan rasanya sudah sangat awam. Semua orang tahu bahwa pepaya dapat melancarkan sistem pencernaan.

Hal itu disebabkan karena pepaya mengandung serat dan air yang banyak sehingga dapat mencegah terjadinya susah BAB dan memperlancar sistem pencernaan itu sendiri.

Pepaya untuk melancarkan sistem pencernaan secara tidak langsung juga berperan dalam membuang racun dari dalam tubuh.

Akibatnya, tubuh menjadi lebih ringan dan meminimalisir timbulnya penyakit lain akibat penumpukan racun di dalam tubuh.

4. Menyehatkan kulit

Kandungan vitamin A, vitamin C, dan antioksidan berguna untuk menjaga kulit agar tetap sehat. Vitamin A dan C berguna untuk mengurangi tanda kerutan di wajah dan memudarkan noda hitam.

Vitamin tersebut juga berguna untuk memicu produksi kolagen yang berperan dalam menjaga kekenyalan kulit dan mencegah penuaan dini.

5. Mencegah asma

Selain berbagai jenis vitamin dan serat yang terkandung di dalam buah pepaya, ada juga beta-carotene. Beta-carotene adalah salah satu senyawa yang berguna dalam menurunkan risiko asma.

Selain dari pepaya, beta-carotene bisa ditemui di brokoli, wortel, dan labu.

Pepaya memang dapat memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan tetapi konsumsinya tetap harus dalam batas aman agar tidak timbul efek samping dari konsumsi berlebihan.

Untuk penyakit-penyakit tertentu, konsumsi pepaya harus dibarengi dengan konsumsi obat dari dokter.

Loading...
0 Shares

No Responses

Write a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: