manfaat bawang putih

Manfaat Bawang Putih untuk Anda Diketahui

Bawang putih memang tidak bisa lepas dari setiap makanan yang kita makan sehari-hari. Mulai dari tempe goreng yang menggunakan bawang putih dan garam, oseng, hingga sup pasti menggunakan bawang putih.

Tidak hanya terbatas sebagai penyedap rasa, manfaat bawang putih terutama untuk kesehatan sangat beragam.

Manfaat Bawang Putih

Senyawa bermanfaat yang terkandung dalam bawang putih tidak kalah banyak dibandingkan sayuran lain. Senyawa yang terkandung di bawang putih meliputi serat, vitamin B6, vitamin C, mangan, kalsium, selenium, magnesium, zinc, dan berbagai senyawa lainnya.

Konsumsi bawang putih juga relatif aman dibandingkan dengan obat-obatan karena bawang putih lebih alami. Bawang putih punya banyak manfaat seperti untuk kesehatan, kecantikan, hingga kesehatan rambut.

Anda bisa mengonsumsinya dengan beberapa cara seperti memakannya mentah-mentah atau mencampurkannya dalam masakan. Berikut beberapa manfaat bawang putih:

1. Menurunkan tekanan darah

Kandungan allicin di dalam bawang putih berperan dalam mengontrol tekanan darah. Ini cocok untuk Anda yang memiliki riwayat hipertensi atau tekanan darah rendah dimana bawang putih bisa membantu Anda untuk menurunkan tekanan darah.

2. Mencegah kanker

Bawang putih mengandung senyawa sulfur dimana senyawa ini berguna untuk menghambat perkembangan sel kanker. Adapun jenis-jenis kanker yang dapat dicegah dengan mengonsumsi bawang putih adalah kanker usus, kanker payudara, dan kanker kerongkongan.

3. Meningkatkan daya tahan tubuh

Bawang putih mengandung senyawa antioksidan yang berguna dalam melawan radikal bebas. Senyawa antioksidan ini akan membantu Anda untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga tidak mudah tertular penyakit seperti batuk, pilek, atau demam.

4. Menurunkan tingkat kolesterol

Bawang putih mengandung allicin yang berguna untuk menurunkan tingkat kolesterol. Allicin merupakan senyawa yang berperan dalam menghambat enzim dalam pembentukan kolesterol.

Berbagai penelitian telah dilakukan untuk mengkaji hubungan antara tingkat kolesterol dan bawang putih yang hasilnya menunjukkan bahwa bawang putih bisa menurunkan tingkat kolesterol secara efektif.

5. Menjaga kesehatan otak

Karbohidrat ternyata tidak hanya berasal dari makanan-makanan pokok seperti nasi, jagung, atau kacang-kacangan. Bawang putih ternyata juga mengandung karbohidrat walaupun dalam jumlah yang jauh lebih kecil dibandingkan makanan pokok.

Namun, kandungan karbohidrat dalam bawang putih berguna untuk menjaga kesehatan otak.

Karbohidrat di bawang putih berperan dalam perbanyakan sel mikroglia yang berfungsi untuk menjaga kesehatan otak.

Selain itu, perbanyakan sel mikroglia yang dipicu oleh karbohidrat dalam bawang putih ternyata tidak memicu peningkatan kadar oksida nitrat. Sehingga melalui konsumsi bawang putih secara rutin, kita bisa terbebas dari penyakit saraf atau otak.

6. Mengobati jerawat

Kandungan allicin dalam bawang putih bisa membantu Anda untuk melawan jerawat. Pasti jerawat adalah salah satu penyakit kulit yang paling sering kita temui.

Bawang putih dapat membantu dalam melawan pertumbuhan bakteri penyebab jerawat dan mencegah peradangan. Bawang putih juga cocok untuk jenis kulit berminyak karena bisa mengurangi produksi minyak wajah yang berlebih.

7. Mengatasi rambut rontok

Rambut rontok merupakan salah satu masalah yang cukup umum. Konsumsi bawang putih mentah bisa membantu Anda dalam menguatkan rambut sehingga rambut tidak mudah rontok.

Selain dikonsumsi mentah, Anda bisa mencampurkannya dengan jus bayam untuk mendapatkan hasil maksimal.

Bawang putih bisa dikonsumsi baik mentah maupun diolah. Melalui cara konsumsi yang tepat, Anda bisa mendapatkan berbagai manfaat yang ditawarkan oleh bawang putih.

Hal yang tidak kalah penting adalah penyimpanannya dimana harus dilakukan dengan tepat untuk jangka waktu yang panjang agar kesegarannya tetap terjaga.

Loading...
0 Shares

No Responses

Write a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: