Lovebird Batman

Jenis Burung Lovebird Unik yang Bagus Dipelihara

Lovebird sudah sejak lama menjadi favorit masyarakat Indonesia baik untuk dipelihara maupun dibudidayakan.

Jenis burung lovebird yang dipelihara juga cukup beragam, tetapi ada beberapa lovebird unik yang masih jarang dilirik oleh pecinta burung lovebird di Indonesia.

Kicauan lovebird yang unik ditambah warna bulunya yang cantik menjadikan burung ini menjadi salah satu burung paruh bengkok yang dipelihara di Indonesia.

Harga jual burung lovebird juga cukup tinggi, terlebih burung-burung dengan corak dan warna bulu tertentu. 

Jenis Burung Lovebird Unik

1. Albino

Dari namanya, pasti Anda sudah bisa menembak bentuk dari burung lovebird jenis ini. Ya, burung ini memiliki kelainan pigmen yang menyebabkan warna bulu dan badannya berwarna putih.

Bagian paruh lovebird albino berwarna oranye pucat dimana mayoritas lovebird akan berwarna merah.

Bola mata lovebird albino ada yang berwarna hitam atau merah. Umumnya, lovebird albino mata hitam memiliki harga yang lebih rendah dibandingkan dengan albino mata merah.

Untuk satu ekor burung lovebird albino bisa didapat dengan harga satu jutaan untuk ukuran dewasa.

2. Batman

Burung lovebird batman memiliki warna bulu putih dan hitam. Pada bagian sayap, punggung, dan kepala burung berwarna hitam atau abu-abu tua sedangkan pada bagian dada berwarna putih.

Paruh burung ini berwarna merah muda. Warna yang dimiliki oleh lovebird batman terjadi karena adanya mutasi gen.

Harga untuk satu ekor lovebird batman adalah sekitar satu jutaan. Lovebird ini juga jarang ditemui karena sulit untuk dibudidayakan.

Anda memerlukan indukan yang keduanya lovebird batman untuk mendapatkan anakan batman.

3. Blorok

Keunikan lovebird blorok tidak terletak pada warna bulu tetapi corak bulu. Lovebird blorok memiliki bulu dengan corak yang berbeda pada bagian sayap dan punggung.

Satu ekor burung lovebird blorok dewasa biasanya akan dijual dengan harga Rp3.000.000an.

Pada burung lovebird hijau blorok, terdapat tumpang tindih warna hijau muda dan tua pada bagian sayap dan punggung burung, bahkan terkadang terdapat campuran warna kuning.

Tidak hanya pada lovebird hijau, corak blorok juga dapat dimiliki oleh burung lovebird biru dan merah.

4. Parblue

Lovebird parblue bisa dibilang sebagai burung lovebird dengan harga fantastis. Untuk satu ekor burung lovebird parblue bisa berharga jutaan rupiah untuk anakan dan belasan juta untuk ukuran dewasa.

Keunikannya terdapat pada warna bulu yang cenderung soft. Pada bagian kepala, didominasi warna kuning pucat kemudian dibagian sayap dan badan didominasi warna biru muda di bagian atas kemudian semakin kebawah semakin gelap.

5. Euwing

Keunikan lovebird euwing terletak pada warna bulu di bagian sayap yang merupakan kombinasi dari warna hijau muda dan gelap dengan gradasi yang abstrak.

Sekilas, burung lovebird euwing terlihat seperti lovebird blorok tetapi memiliki warna merah mencolok di bagian kepala hingga leher.

Harga lovebird euwing juga bersaing dengan lovebird blorok yang berada pada kisaran Rp 2.000.000 sampai Rp 4.000.000 untuk satu ekor lovebird euwing dewasa.

Secara budidaya, lovebird ini juga cukup sulit untuk dibudidayakan dibandingkan lovebird jenis lainnya.

6. Lutino

Lovebird lutino memiliki bulu merah dan kuning yang dominan. Warna merah terletak di bagian kepala sampai leher sedangkan warna kuning terletak di bagian badan dan sayap.

Terdapat beberapa helai bulu berwarna putih yang terletak di ujung sayap lovebird lutino. Burung jenis ini juga memiliki warna mata hitam maupun merah. Harga lutino cukup tinggi mencapai lebih dari Rp 500.000 per ekor untuk ukuran dewasa.

7. Halfsider

Lovebird jenis ini memiliki keunikan dari gradasi warna bulunya yang cukup kontras. Burung lovebird halfsider merupakan salah satu jenis burung yang jarang dibudidayakan karena memang relatif lebih sulit dibandingkan lovebird jenis lain. Harga lovebird ini juga sangat tinggi mencapai belasan juta rupiah.

Jenis burung lovebird diatas bisa Anda jadikan referensi dalam memilih jenis lovebird yang unik dan tidak biasa. Jenis-jenis tersebut adalah jenis lovebird yang jarang dibudidayakan karena memiliki perawatan yang lebih susah dibandingkan lovebird jenis lainnya.

Baca juga: Cara Merawat Loverbird

Loading...
0 Shares

No Responses

Write a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: