Ikan Hias Air Tawar

Ikan Hias Air Tawar yang Mudah Dipelihara

Hewan peliharaan tidak melulu anjing atau kucing, ikan juga bisa menjadi salah satu alternatif hewan peliharaan di rumah atau kos.

Ikan hias air tawar adalah jenis hewan yang mudah perawatannya sehingga cocok bagi Anda yang tidak mempunyai waktu banyak untuk merawat peliharaan tapi tetap ingin mempunyai peliharaan.

Ada beberapa jenis ikan hias yang dapat Anda jadikan peliharaan dan dirawat dengan mudah di rumah.

Pada dasarnya, Anda hanya perlu menyiapkan akuarium, air bersih, pakan, aerator, dan tentu ikan hias. Anda juga bisa mendapatkan semuanya di toko ikan terdekat atau toko hewan peliharaan.

Jenis Ikan Hias Air Tawar

1. Ikan Guppy

Jika Anda sedang mencari ikan dengan ukuran kecil, warna yang cantik, dan perawatan yang sederhana, ikan guppy adalah solusinya.

Ikan ini memiliki sirip yang panjang dan berwarna cerah, sehingga cocok sebagai dekorasi hunian Anda.

Pakan ikan guppy juga mudah. Anda bisa memberi pakan berupa cacing sutra atau pelet yang biasa dijual di toko akuarium.

Ikan ini juga cepat bereproduksi jika lingkungannya mendukung sehingga akuarium Anda bisa jadi lebih ramai dan berwarna-warni.

2. Ikan Komet

Sekilas, ikan komet terlihat seperti ikan mas. Perbedaannya terletak pada ukuran ikan komet yang lebih kecil dan terdapat warna putih dibagian badan ikan.

Selain warna merah dan putih, terdapat ikan komet dengan warna kuning hingga hitam. Perawatan ikan ini juga sangat mudah serta ikan ini tidak agresif dengan ikan lainnya sehingga cocok dicampur dengan ikan hias jenis lain.

3. Ikan Cupang

Ikan ini bisa dijadikan alternatif buat yang bosan dengan ikan hias air tawar yang itu-itu aja. Memelihara ikan cupang juga bisa dijadikan hobi yang terkadang bisa mendatangkan uang karena beberapa jenis ikan cupang memiliki harga yang fantastis mencapai jutaan rupiah.

Ikan cupang atau yang biasa disebut ikan betta memiliki warna sirip dan ekor yang sangat beragam sehingga banyak pilihan jenis ikan yang bisa dipelihara.

Dari segi perawatan, ikan cupang juga tidak memerlukan akuarium yang luas karena ukuran ikannya yang kecil dan tidak terlalu aktif bergerak. Pakan ikan cupang juga sederhana, Anda bisa memberikan ikan cupang berupa pelet berukuran kecil.

4. Ikan Molly

Ciri fisik yang mencolok dan unik dari ikan molly menjadi daya tarik tersendiri bagi ikan ini. Ikan molly berbadan kecil dan menggembung sehingga terlihat lucu di akuarium. Warna ikan ini juga sangat beragam mulai dari putih hingga abu-abu gelap atau hitam.

Sama seperti ikan komet, ikan molly memiliki sifat yang tidak agresif sehingga cocok jika dicampurkan dengan ikan hias jenis lain.

5. Ikan Lemon

Ikan ini disebut ikan lemon bukan tanpa alasan. Ikan ini memiliki warna kuning cerah seperti lemon dengan badan yang panjang. Berbeda dengan ikan molly, ikan lemon cenderung agresif dengan ikan lainnya sehingga Anda perlu mempertimbangkan ikan ini untuk mencampurkannya dengan ikan hias jenis lain.

6. Ikan Mas

Berbicara ikan hias, rasanya tidak lengkap tanpa membahas ikan mas koki atau goldfish. Ikan ini memiliki ciri tubuh yang membulat dengan ekor dan sirip yang panjang menjuntai. Hal ini menjadikan ikan mas menjadi primadona dan favorit bagi pecinta ikan hias.

Sama seperti ikan cupang, beberapa jenis ikan mas memiliki harga yang tinggi karena memiliki kriteria tertentu pada bagian ekor, sirip, dan warna tubuh yang dianggap lebih unggul dibandingkan ikan mas lainnya.

Jika dibandingkan dengan ikan hias lain, ikan ini relatif lebih susah perawatannya karena ikan mas memiliki ketahanan yang rendah.

Memelihara ikan sebagai hewan peliharaan memberikan berbagai manfaat khususnya yaitu menurunkan stress.

Ini cocok bagi Anda yang tinggal di perkotaan dan memerlukan hiburan. Menekuni hobi memelihara ikan hias juga bisa mendatangkan uang apabila Anda benar-benar merawat ikan dengan penuh ketekunan dan keuletan.

Baca juga: Jenis ikan air tawar untuk konsumsi

Loading...
0 Shares

No Responses

Write a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: