Cara Membuat Kompos

Cara Membuat Kompos

Kompos adalah sesuatu yang sangat dibutuhkan jika Anda ingin bercocok tanam. Bagaimana tidak?

Kompos akan membuat struktur tanah Anda semakin subur yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman Anda. Apakah Anda sudah memahami bagaimana cara membuat kompos?

Kompos yang Anda butuhkan bisa dibuat dengan sisa-sisa makanan atau sampah organik. Hanya dengan bermodal sampah organik dari sisa makanan atau sisa sayuran Anda sudah bisa mendapatkan kompos sebagai pupuk tanaman Anda.

Bagi Anda yang belum tau, simak artikel ini hingga habis ya.

Cara Membuat Kompos dari Sampah Organik

Membuat pupuk kompos sangatlah mudah, bahan yang digunakan juga tidak mahal bahkan bisa Anda dapatkan secara gratis.

Namun dalam pembuatannya Anda harus pintar-pintar mencari bahan agar pupuk kompos Anda berhasil untuk tanaman Anda. Berikut cara yang bisa Anda ikuti.

1. Pilah Sampah yang Bisa Dijadikan Kompos

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa kompos bisa dibuat dari sampah organik. Pisahkan sampah rumah tangga Anda antara yang organik dan anorganik.

Sampah organik contohnya seperti sisa makanan sayur atau daging, kertas bekas atau tisu yang tidak terpakai, dedaunan yang sudah gugur, kotoran hewan peliharaan, dan lain-lain yang mudah terurai.

Jangan gunakan minyak goreng, tumbuhan yang memiliki penyakit, kertas metalik, kacang walnut, kaca, atau kardus yang dilapisi dengan bahan plastik atau metal.

Mengapa demikian? Karena hal yang seperti itu bisa menghambat proses pembusukan pupuk loh.

2. Siapkan Alat-Alat dan Bahan

Setelah berhasil mengumpulkan sampah untuk kompos, hal yang perlu Anda lakukan adalah mempersiapkan alat yang mudah ditemui seperti ember, sarung tangan, masker, sampah yang telah dikumpulkan, tanah untuk menanam, dan air.

3. Ikuti Langkah-Langkah Membuat Pupuk Kompos

Jika Anda tidak yakin membuat pupuk kompos sendiri, maka ikuti langkah-langkah di bawah agar pembuatan pupuk kompos Anda berhasil.

  • Pastikan tidak ada plastik yang tercampur dalam sampah organik.
  • Siapkan wadah untuk membuat pupuk kompos, wadah yang baik adalah wadah yang memiliki tutup agar pupuk Anda tidak terkontaminasi dengan yang lain.
  • Masukkan sampah organik ke dalam wadah, sesuaikan banyaknya sampah organik yang Anda akan gunakan karena akan mempengaruhi kandungan tanah.
  • Setelah itu, masukkan tanah secukupnya yang sesuai dengan sampah organik. Anda bisa menggunakan perbandingan antara tanah dan sampah 2:1 secara berurutan.
  • Siramkan air secukupnya ke dalam wadah yang sudah Anda isi dengan tanah dan sampah organik.Jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit karena akan mempengaruhi proses pemupukan nantinya.
  • Masukkan sampah organik lagi di atas permukaan tanah dengan jumlah yang sama dengan sampah organik yang telah dimasukkan sebelumnya. Sehingga perbandingan tanah dan sampah organik adalah 2:2 secara berurutan.
  • Simpanlah sampah dan tanah dalam ember dengan keadaan yang sama rata. Pada proses ini ketebalan tanah sama dengan ketebalan sampah organik.
  • Setelah itu, masukkan tanah sekali lagi ke dalam wadah sebagai penutup sampah.
  • Pada tahap ini, pembuatan pupuk sudah selesai, tutup wadah dengan rapat. Biarkan tanah dan sampah di dalam wadah selama tiga minggu.

Sangat mudah bukan cara membuat pupuk kompos dari bahan sampah organik?

Untuk mendapatkan kompos yang baik jauhkan wadah dari kontaminasi air hujan dan hewan serta jangan sampai terkena dengan sinar matahari secara langsung karena akan mengganggu proses pembuatan kompos.

Baca juga: jenis jenis pupuk organik

Dengan pupuk kompos maka tanaman kesayangan Anda akan tumbuh subur.

Loading...
0 Shares

No Responses

Write a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: