Manfaat temulawak

Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan

Sebagai orang Indonesia, rasanya susah hidup tanpa rempah dan obat-obatan herbal. Sudah sejak jaman dahulu obat alami dimanfaatkan oleh nenek moyang kita, salah satunya adalah temulawak.

Tanaman ini sering dijual dalam bentuk minuman seperti jamu gendong. Manfaat temulawak bagi kesehatan juga cukup beragam sehingga tanaman ini cocok untuk digunakan sebagai obat alami.

Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan

Anda bisa memanfaatkan temulawak dengan cara mencampurkannya ke dalam masakan. Temulawak selain digunakan sebagai campuran bahan masakan ternyata juga bisa digunakan untuk masker wajah lho.

Sudah banyak produk kecantikan yang menggunakan temulawak sebagai bahan utamanya. Lalu sebenarnya apa saja manfaat temulawak bagi kesehatan?

1. Menyehatkan Jantung

Air hasil rebusan temulawak ternyata bisa memberikan manfaat untuk kesehatan jantung lho. Sifatnya yang anti-peradangan membuat temulawak menjadi berguna bagi kesehatan jantung.

2. Mencegah Kanker

Temulawak efektif dalam membantu mengobati beberapa jenis kanker seperti kanker prostat, kanker payudara, dan kanker usus. Sifatnya yang antioksidan membantu dalam menekan perkembangan sel kanker.

Namun, bukan berarti hanya dengan mengonsumsi temulawak bisa menyembuhkan kanker. Anda tetap perlu mengimbanginya dengan treatment untuk penderita kanker supaya pengobatan kanker lebih efektif dan efisien.

3. Mencegah gangguan pencernaan

Konsumsi temulawak bisa memberikan efek yang baik untuk sistem pencernaan manusia. Produksi cairan empedu akan terangsang sebagai akibat dari konsumsi temulawak.

Hal ini akan membantu sistem pencernaan menjadi lebih lancar. Temulawak juga bisa membantu mengatasi perut kembung dan mempercepat penyembuhan penderita radang usus.

Temulawak juga berguna untuk meningkatkan nafsu makan. Sudah banyak obat penambah nafsu makan yang menggunakan temulawak sebagai bahan utama. Hal itu membuktikan bahwa temulawak memang bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Sifat dari temulawak berupa anti-bakteri ternyata bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga melalui konsumsi temulawak secara rutin, akan menjadikan tubuh lebih tahan terhadap berbagai macam penyakit.

5. Baik Untuk kulit

Kabar baik bagi kita semua. Temulawak ternyata bisa membantu menjaga kesehatan kulit dan mengatasi jerawat. Kandungan di dalam temulawak terbukti membantu melawan bakteri penyebab jerawat sehingga selain mengurangi jerawat, temulawak juga membantu mencegah timbulnya jerawat di kemudian hari.

Temulawak juga mempunyai sifat astringent yang berguna untuk mengurangi produksi minyak berlebih di wajah. Sehingga kulit menjadi lebih halus, kencang, dan cerah. Selain itu, temulawak juga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini dan menyamarkan bekas di wajah.

Cara Menanam Temulawak

Tanaman temu lawak

i.ytimg.com

Temulawak bisa Anda tanam sendiri di halaman sekitar rumah Anda. Tidak perlu lahan yang luas, tanaman ini bisa ditanam di dalam pot  atau polybag.

Anda hanya memerlukan media tanam, bibit berupa beberapa rimpang lengkuas, dan tempat dengan sinar matahari.

Pertama, siapkan bibit temulawak yang bisa Anda dapatkan di pasar atau pedagang sayur. Potong rimpang menjadi ukuran yang lebih kecil dengan 2-3 mata tunas per potongan. Jemur bibit tersebut selama seminggu dengan durasi maksimal 3 jam tiap hari.

Setelah bibit siap, tanam bibit ke dalam polybag atau pot yang sudah diisi dengan media tanam. Pastikan bahwa media tanam memiliki nutrisi yang cukup.

Anda bisa menggunakan media tanam campuran yang bisa dibeli di toko pertanian atau mencampurkan sendiri tanah dengan pupuk dengan perbandingan 1:1.

Setelah bibit diolah, Anda harus merawat dengan benar temulawak tersebut. Penyiraman bisa dilakukan 2 kali sehari atau apabila tanah sudah mulai mengering.

Temulawak bisa mencapai tinggi lebih dari 1 meter setelah memasuki usia dewasa. Rimpang temulawak bisa Anda panen setelah berumur 8 bulan.

Manfaat temulawak memang sangat banyak dan beragam untuk kesehatan kita. Namun, konsumsi temulawak tetap harus dilakukan dengan bijaksana.

Jangan sampai karena ingin mendapatkan manfaat yang banyak, konsumsi temulawak dilakukan secara berlebihan karena tentu akan memberikan efek negatif untuk tubuh.

Loading...
0 Shares

No Responses

Write a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: