Ketahui Efek Samping Daun Sirsak

Ketahui Efek Samping Daun Sirsak

Baik daun sirsak ataupun buah sirsak memiliki banyak manfaat bagi tubuh manusia. Daunnya yang memiliki cita rasa pahit memiliki kandungan antioksidan yang baik untuk melawan kanker.

Beberapa orang yang mengonsumsinya tidak merasakan efek samping, ada pula yang merasakan efek samping daun sirsak. Masing-masing orang memiliki efek samping yang berbeda-beda. Apa sajakah efek sampingnya?

Efek Samping Daun Sirsak dan Cara Antisipasinya

1. Dehidrasi

Senyawa yang terkandung dalam daun sirsak memiliki sifat diuretik untuk menguraikan racun yang terdapat dalam tubuh. Hampir seluruh racun dikeluarkan setelah mengonsumsi daun sirsak.

Proses pengeluaran racun tersebut tentunya membutuhkan banyak cairan. Hal inilah yang kemudian membuat tubuh menjadi dehidrasi.

Dehidrasi yang berlebihan akan berakibat buruk bagi tubuh dan bisa saja tubuh menjadi lemas. Untuk mencegah hal tersebut, Anda sebaiknya mengimbanginya dengan minum air putih dalam jumlah yang cukup banyak.

Tujuannya adalah mengganti cairan yang digunakan pada saat proses detoks dan menjaga tubuh agar tetap kuat.

2. Meningkatkan Asam Lambung

Perlu diketahui bahwasanya ada senyawa yang terkandung dalam daun sirsak yang dapat meningkatkan asam lambung seseorang.

Inilah yang menjadi alasan mengapa orang-orang yang sudah memiliki penyakit maag, tidak disarankan mengonsumsinya dalam jumlah banyak.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mengimbanginya dengan mengonsumsi berbagai macam buah dan sayuran. Contohnya disini adalah pisang, wortel, mangga, brokoli dan lain sebagainya.

Ketika mengonsumsi rebusan daun sirsak, sebaiknya hindari makanan yang pedas, berlemak, berminyak dan sejenisnya. Kondisi tersebut akan meningkatkan kadar asam pada lambung Anda.

3. Resiko Terjangkit Parkinson

Parkinson merupakan salah satu penyakit yang menyerang sistem syaraf seseorang. Resiko ini dikarenakan kandungan senyawa dalam daun sirsak akan bekerja membunuh beberapa sel saraf pada bagian tubuh ataupun otak.

Kondisi tersebut nantinya akan membuat sistem gerak menjadi terganggu dan menjadi lebih kaku. Cara mencegahnya adalah jangan terlalu sering mengonsumsinya dan imbangi minum air putih.

4. Meningkatkan Resiko Gagal Ginjal

Ketika mengonsumsi air rebusan daun sirsak, maka ginjal akan bekerja 2x lipat dibandingkan biasanya. Ginjal akan bekerja dalam menyaring mineral yang dibutuhkan dan yang tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh.

Adapun cara mencegahnya adalah konsumsilah air putih dalam jumlah yang lebih banyak dibandingkan biasanya dan konsumsilah secara wajar.

5. Dapat Menurunkan Fungsi Hati

Jika terlalu banyak mengonsumsinya, maka akan menimbulkan efek samping pada fungsi organ hati. Kondisi ini hampir sama dengan poin 4, dimana hati juga harus bekerja lebih keras dalam memilih senyawa yang masuk.

Apabila terlalu banyak air rebusan daun sirsak, perlahan fungsi hati akan menurun dan menyebabkan munculnya penyakit lain.

6. Sembelit

Meskipun buah sirsak sangat baik untuk pencernaan manusia, namun rebusan daun sirsak tidak demikian. Air rebusan daun sirsak dapat menyebabkan seseorang menjadi sembelit.

Ini dikarenakan ada senyawa pada daun sirsak yang dapat menghalangi ketika proses penyerapan nutrisi makanan. Jika kondisi ini terus berlanjut dalam jangka waktu yang lama, maka seseorang akan lebih rentan terjangkit sembelit.

Adapun cara mengatasinya cukup mudah, Anda harus mengimbanginya dengan mengonsumsi banyak air mineral. Hindari minuman lain selain air putih dan imbangi juga dengan mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan serat tinggi.

Meskipun memiliki ragam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, namun jika dikonsumsi berlebihan juga akan menimbulkan efek samping.

Beberapa tips agar terhindar dari efek samping di atas diantaranya adalah memilih daun sirsak yang masih segar, perbanyak minum air putih dan imbangi dengan mengonsumsi makanan berserat.

Loading...
0 Shares

No Responses

Write a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: