Pohon Ulin

Tumbuhan Langka di Indonesia

Dari jutaan berbagai jenis tumbuhan di Indonesia, ada beberapa yang dikatergorikan langka dan terancam punah. Kabar duka ini menjadi perhatian bagi para pihak pemerhati flora yang ada di Indonesia.

Jadi tumbuhan langka di Indonesia ini harus di lindungi dan dilestarikan. Apalagi jenis tumbuhan tersebut sangat unik dan tidak bisa ditemukan di negara lain selain di Indonesia.

Salah satunya yaitu bunga Raflesia Arnoldi atau bunga raksasa yang sudah sangat terkenal di dunia. Selain itu, masih ada beberapa jenis tumbuhan lain yang keberadaannya juga terancam punah.

Untuk mengetahui lebih jelas mengenai tumbuhan langka di Indonesia, silahkan simak pembahasan berikut ini.

Tumbuhan Langka di Indonesia yang Harus Dilindungi

1. Bunga Raflesia Arnoldi

Bunga Raflesia Arnoldi atau sering disebut juga dengan bunga Padma Raksasa masuk ke dalam daftar urutan pertama jenis tumbuhan di Indonesia yang terancam punah.

Tumbuhan ini memiliki ciri-ciri dengan ukurannya yang cukup besar, diameternya bisa mencapai 1 meter dengan berat 10 kg.

2. Bunga Edelweiss

Tumbuhan langka di Indonesia yang berikutnya yaitu bunga Edelweiss Jawa atau sering disebut juga dengan bunga Senduro.

Populasi bunga ini semakin langka, karena ulah para pendaki gunung yang mendaki dan memetik bunga tersebut sebagai hadiah spesial.

Sekarang bunga Edelweiss hanya tersisa di wilayah Gunung Pangrango, Gunung Gede, Gunung Rinjani dan Gunung Papandayan.

3. Bunga Bangkai

Selain ada bunga Raflesia Arnoldi, ada lagi bunga lain yang memiliki ukuran cukup besar yaitu bunga Bangkai. Bunga ini memiliki ciri-ciri bisa tumbuh tinggi dan ketinggiannya bisa mencapai hingga 4 meter.

4. Kantong Semar

Kantong semar juga merupakan salah satu tumbuhan langka di Indonesia yang terkenal dengan keunikannya.

Keunikan tersebut terletak pada Kantong Semar yang memiliki kemampuan untuk memangsa serangga seperti kumbang, lebah dan lalat.

Namun sayangnya, tumbuhan ini sudah semakin langka dan harus ada upaya untuk pelestarian agar nantinya tidak punah.

5. Pohon Damar

Pohon Damar termasuk dalam kategori jenis tumbuhan di Indonesia yang semakin langka dan terancam punah keberadaannya.

Kepunahan jenis tumbuhan ini dipengaruhi oleh eksploitasi manusia. Salah satu ciri-ciri pohon Damar yaitu karena bisa tumbuh hingga mencapai ketinggian 60 meter.

Kayu dari pohon ini sering diambil getahnya dan dimanfaatkan untuk membuat kopal.

6. Bunga Anggrek Tebu

Bunga Anggrek Tebu ternyata juga termasuk jenis tumbuhan di Indonesia yang sudah langka dan terancam punah keberadaannya.

Oleh karena itu, bunga ini harus dilestarikan. Anggrek Tebu yaitu salah satu bunga dari keluarga anggrek yang memiliki ukuran paling besar.

Bahkan berat dari bunga anggrek ini bisa mencapai 1 ton. Karena statusnya yang sudah langka, maka bunga ini sangat dilindungi oleh pemerintah.

7. Pohon Ulin

Pohon ulin atau sering disebut juga pohon besi yaitu jenis tumbuhan langka yang ada di Indonesia.

Tumbuhan ini asli dari daerah Kalimantan dan kayu pohon tersebut biasanya digunakan untuk bahan kontruksi dalam pembangun jembatan, rumah hingga pembuatan kapal, karena kualitas kayunya yang sangat kuat.

Hal itu yang membuat keberadaan pohon ulin menjadi semakin langka, saat ini di kategorikan menjadi jenis tumbuhan yang harus dilindungi dan dilestarikan.

Dengan mengetahui beberapa jenis tumbuhan langka di Indonesia yang telah disebutkan di atas, semoga dapat menambah wawasan Anda dan ikut berperan aktif untuk ikut melindungi dan melestarikannya.

Dengan begitu, maka anak cucu kita masih bisa melihat kekayaan flora di Indonesia yang tidak dimiliki oleh negara lain.

Loading...
0 Shares

No Responses

Write a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: