Manfaat Mahkota Dewa Bagi Kesehatan

Manfaat Mahkota Dewa Bagi Kesehatan

Mahkota dewa yang dikenal dengan nama ilmiah Phaleria macrocarpa merupakan salah satu tanaman khas Indonesia.

Adapun tanaman unik ini menghasilkan buah yang berwarna merah terang saat sudah matang. Perlu Anda ketahui bahwa manfaat mahkota dewa bagi kesehatan sangat banyak, wajar bila tanaman ini seringkali digunakan sebagai obat herbal.

Mahkota dewa ini memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Selain itu, mahkota dewa juga memiliki kandungan alkaloid, saponin, dan juga polifenol jenis flavonoid.

Biasanya, cara memanfaatkan mahkota dewa ini adalah dengan mengeringkan buahnya, lalu diseduh untuk kemudian diminum.

Manfaat Mahkota Dewa Bagi Kesehatan

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa penggunaan mahkota dewa sebagai obat herbal memang sudah populer di berbagai wilayah di Indonesia. Berikut ini beberapa manfaat dari mahkota dewa yang perlu Anda ketahui:

1. Mengatasi Sakit Kepala

Penting untuk Anda ketahui bahwa mahkota dewa dipercaya mampu mengatasi sakit kepala. Hal ini karena kandungan bioaktif dalam ekstrak mahkota dewa yang dapat bertindak sebagai senyawa analgesik atau pereda nyeri.

Selain itu, tanaman ini juga dapat meredakan nyeri pada tubuh akibat berbagai faktor.

2. Obat Flu dan Batuk

Selain mengatasi sakit kepala, manfaat mahkota dewa lainnya adalah mampu mengatasi flu dan batuk.

Dimana kandungan antioksidannya yang tinggi dipercaya bisa membantu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh sehingga proses penyembuhan penyakit flu dan batuk dapat lebih cepat.

3. Menangkal Radikal Bebas

Antioksidan sangat diperlukan oleh tubuh guna menangkal berbagai radikal bebas yang dapat menyerang tubuh.

Adapun manfaat mahkota dewa yang bisa menangkal radikal bebas ini menjadikan buah ini dikenal mampu melawan berbagai penyakit berbahaya seperti tumor dan juga kanker.

4. Antivirus dan Antibakteri

Perlu Anda ketahui bahwa manfaat mahkota dewa lainnya ialah sebagai antivirus dan antibakteri. Adapun virus dan bakteri inilah yang bisa menyebabkan berbagai macam infeksi pada tubuh.

Oleh sebab itu, disarankan bagi Anda untuk mengkonsumsi mahkota dewa agar terhindar dari berbagai infeksi akibat virus dan bakteri.

5. Meningkatkan Vitalitas

Tak hanya sebagai antivirus dan antibakteri, mahkota dewa ternyata juga bisa membantu meningkatkan vitalitas, terutama pada pria.

Dimana kandungan saponin dan alkaloid yang ada pada mahkota dewa ini sangat berperan. Kedua senyawa ini juga seringkali ditemukan dan banyak digunakan oleh obat herbal sebagai afrodisiak atau pembangkit gairah.

6. Menghilangkan Racun dalam Tubuh

Adanya racun dalam tubuh juga dapat menyebabkan masalah. Sebago contoh, racun yang terdapat dalam sistem pencernaan bisa menyebabkan diare.

Oleh sebab itu, manfaat mahkota dewa bagi kesehatan lainnya adalah bisa mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Itulah mengapa mahkota dewa dikenal sebagai salah satu detoksifikasi tubuh yang sangat baik dalam mengatasi gejala keracunan.

7. Menurunkan Kadar Kolesterol

Mahkota dewa juga dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Adapun obat herbal ini mampu mencegah pembentukan plak pada pembuluh darah akibat penumpukan kolesterol jahat. Dimana proses terbentuknya plak ini adalah salah satu pemicu tersumbatnya aliran darah.

8. Membantu Mengatasi Pengentalan Darah

Pengentalan darah seringkal terjadi akibat gangguan pada pembuluh darah yang dapat dipicu oleh berbagai faktor.

Hampir sama seperti plak yang terbentuk akibat kolesterol, pengentalan darah juga dapat mengganggu aliran darah jika dibiarkan terlalu lama.

Adapun kandungan saponin dalam dalam mahkota dewa ini dipercaya mampu mengatasi proses penggumpalan darah.

Beberapa manfaat dari mengkonsumsi mahkota dewa diatas diharapkan dapat membantu Anda terhindar dari segala serangan penyakit.

Loading...
0 Shares

No Responses

Write a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: