Manfaat Daun Binahong Sebagai Obat Herbal

Adapun manfaat daun binahong sebagai obat memang sudah cukup dikenal oleh banyak masyarakat di seluruh negara. Binahong merupakan jenis tanaman obat yang tumbuh di Asia tropis dan Afrika.

Binahong ini dikenal dengan berbagai nama di beberapa negara seperti Malabar Spinach, vine spinach, red vine spinach, climbing spinach, creeping spinach, buffalo spinach dan Ceylon spinach.

Di Indonesia, daun binahong ini seringkali digunakan dalam pengobatan herbal alami. Daun binahong ini dipercaya mampu menyembuhkan dan mencegah berbagai jenis penyakit.

Anda hanya perlu mengonsumsinya dengan cara direbus atau diminum ekstraknya. Berikut ini beberapa manfaat daun binahong, diantaranya:

1. Manfaat Daun Binahong untuk Tangkal kanker

Seperti yang kita ketahui, kanker memang salah satu penyakit yang paling menyeramkan karena sifatnya yang berbeda. Hal ini terjadi karena proses alami yang dikenal sebagai stress oksidatif.

Adapun tekanan ini mengarah pada produksi radikal bebas yang dapat merusak sel-sel sehat dan merubahnya menjadi sel-sel kanker.

Daun binahong kaya akan antioksidan pigmen karotenoid esensial seperti Betakaroten, zeaxanthin dan lutein.

Dimana kandungan antioksidan ini mampu menetralkan radikal bebas yang berbahaya. Vitamin A yang terkandung dalam daun binahong juga bermanfaat untuk mencegah kanker.

Perlu Anda ketahui bahwa mengkonsumsi Vitamin A dan flavonoid dapat memberikan perlindungan dari kanker paru-paru.

Selain itu, vitamin C yang ada pada daun binahong juga dikenal sebagai antioksidan kuat yang jauh lebih efektif untuk melawan radikal bebas.

2. Mencegah Penuaan Dini

Penuaan adalah salah satu efek samping akibat stress oksidatif. Penuaan sendiri tergolong ke dalam proses yang alami, namun radikal bebas dapat memperburuknya.

Adapun radikal bebas dapat merusak sel-sel kulit yang dapat menyebabkan kulit menjadi keriput dan juga rusak.

Daun binahong sendiri kaya akan sumber Vitamin A dan Vitamin C, oleh sebab itu obat herbal satu ini terbukti jauh lebih bermanfaat untuk mencegah penuaan dini.

Adapun vitamin A dan C sendiri juga sudah lama dikenal untuk menjaga kulit agar tetap sehat.

3. Melindungi dan Memelihara Kesehatan Mata

Penting untuk Anda ketahui bahwa efek berbahaya dari radikal bebas ada pada tingkat sel-selnya. Adapun radikal bebas dapat merusak setiap sel di jalannya.

Radikal bebas ini juga dapay merusak retina mata yang dapat mengakibatkan katarak atau kehilangan penglihatan mata.

Kandungan antioksidan seperti vitamin A, Vitamin C, betakaroten, zeaxanthin dan juga lutein dipercaya mampu memberikan perlindungan ekstra dari radikal bebas.

Daun binahong juga dikenal kaya akan vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata. Tak hanya pada daunnya tetapi batangnya juga merupakan sumber vitamin A.

4. Serat dan Antioksidan Meningkatkan Kesehatan Jantung

Anda perlu tahu bahwa makanan yang berserat sangat baik untuk kesehatan jantung. Adapun akibat perubahan makanan, seseorang dapat kekurangan banyak nutrisi penting yang dibutuhkan untuk melindungi dan memelihara kesehatan jantung secara keseluruhan.

Biasanya, kandungan antioksidan yang kuat dapat efektif melindungi kerusakan otot jantung dan bahkan kerusakan arteri dan juga saraf dari radikal bebas.

Selain itu, kandungan serat juga bermanfaat untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) yang dapat menghambat aliran darah yang mengakibatkan penyakit jantung.

Selain banyak serat, kandung kalium pada daun binahong juga berperan penting dalam mempertahankan kadar cairan darah. Hal ini dapat membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

Maka dari itu, daun binahong juga bermanfaat untuk jantung dan sistem kardiovaskular.

Beberapa manfaat daun binahong diatas diharapkan dapat bermanfaat dan memberi informasi tambahan mengenai jenis obat herbal yang baik bagi kesehatan tubuh.

Loading...
0 Shares
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

You May Also Like
Manfaat Beras Hitam

Manfaat Beras Hitam yang Luar Biasa

Beras hitam, memang belum banyak dikenal jika dibandingkan dengan beras putih dan merah. Namun manfaatnya tidak main-main. Disebut sebagai beras terlarang, karena pada zaman Cina Kuno hanya dikonsumsi oleh keluarga…
View Post

Manfaat Teh Hijau

Siapa yang tidak kenal dengan teh hijau. Teh jenis ini memang sudah cukup terkenal di Indonesia karena menawarkan berbagai manfaat untuk tubuh. Manfaat teh hijau sangat banyak dan tidak hanya…
View Post