Jenis Sapi Perah

Jenis-Jenis Sapi Perah Unggul dan Terbaik

Terdapat sedikit perbedaan dengan sapi pedaging. Puting susu sapi perah terlihat lebih besar. Bisa dikatakan, bahwa Indonesia tidak memiliki jenis lokal.

Semua didatangkan dari Belanda pada abad ke 18 atau hasil dari persilangan dengan jenis lain. Simak  jenis-jenis sapi perah yang dikenal memiliki kualitas susu terbaik.

Jenis-Jenis Sapi Perah dengan Kualitas Susu Terbaik

Sapi dari ras tertentu mampu menghasilkan susu yang lebih berkualitas dibanding dengan lainnya. Namun, juga ada faktor lain yang mempengaruhi produktivitas seperti cuaca, dan tingkat stressnya :

1. Friesien Holstein (FH)

Bisa dikatakan sapi perah yang paling populer di dunia. Di Indonesia, mayoritas masih dihuni oleh jenis ini. Sangat bisa beradaptasi di daerah tropis, walaupun lebih cocok di subtropis seperti Amerika.

Ciri-cirinya berbadan besar, paling besar dari jenis lainnya. Jantannya mencapi bobot 1 ton, dan betinanya sebesar 625 kg.

2. Ayrshire

Berasal dari Ayr, Skotlandia. Ciri-cirinya memiliki tubuh dengan corak warna merah atau coklat dan tanduk yang tegak lurus tumbuh ke atas. Per tahun mereka bisa memproduksi susu hingga 9071 liter (9.100 kg).

3. Brown Swiss

Jenis ini dikembangkan di lereng pegunungan Swiss. Kebiasaan mereka mencari rumput di kaki hingga lereng gunung yang paling tinggi.

Oleh karena itu, jenis ini masuk menjadi salah satu kategori sapi tangguh. Biasanya, susu yang dihasilkan digunakan untuk produksi keju. Karena memiliki lemak dan kandungan bahan padat yang tinggi.

4. Jersey

Jenis ini merupakan hasil silang antara banteng liar degan sapi Normandia. Sesuai Namanya, berasal dari pulau Jersey berbatasan antara Inggris dan Perancis.

Warna tubuhnya sangat beragam mulai dari coklat, merah tua hingga hitam. Produktivitas susunya per laktasi mencapai 2.500 liter. Dengan bobot sapi jantan sebesar 625 kg dan betina sebesar 425 kg.

5. Guernsey

Beberapa cirinya adalah berwarna kekuningan, merah dan sedikit bercampur warna putih. Berasal dari Pulau Guernsey Inggris Selatan.

Untuk produksi susunya sedikit lebih banyak dari jenis jersey, yaitu 2.700 liter per laktasi. Dengan bobot betina sebesar 475 kg dan jantan sebesar 700 kg.

6. Milking Shorthorn

Masih dari Inggris, sapi ini mempunyai kombinasi yang unik antara warna merah, coklat dan putih. Mampu menghasilkan produksi susu sebanyak 7.000 liter per tahunnya.

Juga disebut sebagai sapi multiguna karena selain tipe perah juga tipe pedaging. Bagaimana apakah Anda tertarik untuk memilikinya?

7. Sapi Sahiwal

Kalau beberapa jenis di atas berasal dari daerah subtropis. Jenis yang satu ini berasal asli dari daerah tropis yaitu Punjab , sebuah daerah perbatasan India dan Pakistan.

Diklaim sebagai jenis perah terbaik. Karena mampu menghasilkan 2.500-3.000 liter per laktasi. Bercirikan warna merah hingga coklat muda.

8. Sapi Gir

Masih dari India, sapi ini dicirikan dengan warna putih, tapi ada juga yang berwarna kemerahan dan coklat. Per laktasinya mampu menghasilkan susu sebanyak 2000 kg.

9. Sapi Grati

Merupakan peranakan dari jenis Friesien Holstein dengan betina dari Jawa dan Madura. Memiliki ciri bertubuh besar dengan adaptasi iklim tropis yang sangat baik. Produktivitas susunya cukup tinggi yakni mencapai 2.500-3.000 kg.

10. Sapi Ongole

Jenis ini memiliki susu yang unggul, tetapi produktvitasnya relatif sedikit. Yaitu sebanyak 1.250-1.500 kg per laktasinya.

Itulah 10 jenis sapi perah di atas, bisa untuk Anda miliki. Lakukan perawatan dengan baik dengan memperhatikan nutrisi makanannya. Maka akan menghasilkan susu yang berkualitas dan laku keras di pasaran.

Loading...
0 Shares

No Responses

Write a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: