Cara Pembenihan Ikan Mas

Cara Pembenihan Ikan Mas untuk Pemula

Salah satu budidaya ikan yang cukup menjanjikan adalah ikan mas. Apalagi banyak orang hobi memelihara ikan mas di rumahnya. Karena itu, melakukan budidaya akan sangat menguntungkan. Saat akan melakukan budidaya ikan mas, ada dua bentuk usaha yang bisa anda lakukan.

Yakni usaha pembenihan ikan mas dan pembesaran, Kali ini yang akan dibahas adalah cara pembenihan ikan mas.

Lantas apa yang harus anda perhatikan saat akan memulai melakukan pembenihan ikan mas? Berikut beberapa cara yang bisa anda ikuti guna melakukan pembenihan ikan mas yang baik dan benar.

Cara Pembenihan Ikan Mas

Ada setidaknya 5 proses yang harus diamati agar pembenihan ikan mas berhasil. Yakni :

1. Cermati pilihan indukan

Saat memulai pembenihan ikan mas, yang wajib anda cermati adalah pemilihan indukan. Jika anda salah memilih indukan, maka kualitas ikan yang nantinya dipanen juga tidak baik.

Pilihlah indukan yang memiliki kualitas baik dengan memilih indukan dari keturunan unggul. Cara termudah memilih indukan adalah ketika ikan masih seberat atau seukuran 100-200 gram.

Pilih indukan yang tidak memiliki cacat baik dari sirip atau badannya. Untuk betina, pilih yang memiliki berat minimal 2 kilogram dengan usia kurang dari 1,5 tahun – 2 tahun.

2. Menjaga hidup indukan

Setelah memilih indukan, yang harus dilakukan adalah menjaga atau memeliharanya. Agar indukan bisa hidup dengan baik, usahakan untuk memisah antara indukan betina dan jantan.

Buatkan atau letakkan indukan di tempat yang berbeda. Mengapa hal ini harus dilakukan? Ini dilakukan agar tidak ada perkawinan yang tidak disengaja.

3. Melakukan pemijahan

Langkah selanjutnya adalah proses pemijahan. Untuk masuk ke proses ini, anda harus memahami ada dua jenis pemijahan yakni buatan dan juga alami.

Pemijahan buatan dilakukan dengan bantuan pihak ketiga yakni manusia. Pemijahan ini bisa dilakukan dengan penyuntikan hipofisa, atau suntik hormon, dan juga melakukan pembuahan in vi tro.

Sedangkan pemijahan alami dilakukan secara alami oleh indukan. Yakni melakukan proses perkawinan melalui sel telur dan sperma ikan.

4. Melakukan pendederan

Langkah selanjutnya adalah pendederan benih yakni proses menumbuhkan benih ikan. Saat melakukan pendederan ini, anda harus paham apa yang harus dilakukan sesuai dengan umur benih, Mengapa? Karena setiap usia benih memiliki treatment atau perlakukan yang berbeda.

  • Pendederan pertama

Dilakukan untuk benih berusia 7 hari atau seminggu. Benih atau disebut larva dibawa dari kolam awal menetas ke kolam pendederan. Usahakan agar kedalaman air hanya berkisar 60 cm. Selain itu, jangan membuat aliran air yang deras karena larva masih muda.

  • Pendederan kedua

Yakni pendederan yang dilakukan setelah 4 minggu masa pendederan pertama. Pendederan ini juga memerlukan waktu sekitar satu bulan. Untuk tempatnya, pendederan bisa dilakukan di kolam seperti pendederan pertama. Dari pendederan ini nantinya akan dihasilkan benih dengan ukuran 3-5 cm.

  • Pendederan ketiga

Masih di tempat yang sama, lakukan penebaran pada pendederan sekitar 25-30 ekor per m2.

  • Pendederan Keempat

Masuk ke tahap pendederan akhir, penebaran pada pendederan berubah menjadi 3-5 ekor saja per m2. Akhirnya, benih atau ikan yang dihasilkan akan mencari ukuran 8 cm dan bisa lebih besar lagi sampai sekitar 12 cm.

Setelah semua proses cara pembenihan ikan mas dilakukan, anda tinggal melakukan panen dan menjualnya untuk segera dilakukan budidaya pembesaran ikan mas. Langkah-langkah di atas terbilang mudah apalagi jika semua benih dan kolam tanah sudah siap dipakai.

Loading...
0 Shares

No Responses

Write a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: