Cara Menanam Bawang Daun

Cara Menanam Bawang Daun

Tentu kita tidak meragukan banyaknya kegunaan daun bawang dalam keseharian. Daun bawang menjadi pelengkap hampir semua hidangan baik di tempat makan maupun di rumah.

Pernahkah Anda berpikir untuk menanam sendiri daun bawang di pekarangan rumah untuk bahan masakan? Ternyata cara menanam bawang daun terbilang cukup mudah.

Anda tidak perlu menggunakan banyak bahan. Yang dibutuhkan hanya bibit bawang, dimana Anda bisa menggunakan bawang merah atau bawang putih yang terdapat dirumah dengan mengambil siungnya.

Kemudian Anda bisa menanamnya di media yang Anda inginkan seperti pot atau polybag. Selengkanya mari kita simak tahapan-tahapan penanaman.

Berikut Cara Menanam Bawang Daun

Cara Menanam Bawang Daun

https://8villages.com/

1. Pemilihan Bibit

Pemilihan bibit daun bawang bisa dikatakan sangat mudah, Anda dapat membeli bibit daun bawang khusus.

Namun Anda juga dapat menggunakan bawang yang terdapat dirumah Anda sebagai penggantinya.

Pilih siung yang Anda inginkan dari bawang merah atau bawang putih kemudian Anda dapat menanamkannya di media tanam yang telah siap.

2. Penyemaian Bibit

Bila Anda menggunakan bibit, tentu ada proses penyemaian yang harus dilakukan.Anda dapat menggunakan polybag sebagai media penyemaian dengan menanam bibit.

Lakukan penyiraman pada bibit di waktu pagi dan sore. Proses pertumbuhan bibit akan memakan waktu sekitar 2 bulan dan baru dapat dipindahkan setelah memiliki tinggi 10 hingga 15cm.

3. Penyiapan Media Tanam

Media tanam untuk daun bawang dapat menggunakan beragam jenis. Anda bisa menggunakan polybag atau pot, Anda dapat juga menggunakan bahan yang ada disekitaran rumah seperti bekas kaleng cat.

Didalamnya, masukkan campuran tanah, kompos dan arang sekam dengan perbandingan 2:1:1. Lakukan pemadatan sebelum mulai menanam.

4. Proses Penanaman

Perlu Anda ketahui bahwa waktu terbaik untuk menanam bawang daun adalah di pagi atau sore hari saat matahari tidak terlalu terik dan mempengaruhi suhu sekitar.

Buat lubang dalam media tanam dengan kedalaman 10cm lalu masukkan bibit bawang. Anda dapat merendam bibit dalam cairan fungisida terlebih dahulu sebelum menanam bibit daun bawang.

5. Penyiraman Daun Bawang

Merawat daun bawang cukup dengan menyiram secara rutin. Perhatikan cuaca sekitar Anda, apabila tidak terlalu kering, maka hanya dibutuhkan penyiraman tiap 2 atau 3 hari sekali.

Jangan menyiram terlalu sering dan banyak karena akan membuat akar dari daun bawang menjadi busuk dan merusak tanaman tersebut rusak.

6. Tahap Pemupukan

Bila Anda hendak membuat tanaman daun bawang organik, sebaiknya gunakan pupuk kompos atau pupuk kandang. Gunakan pupuk sebanyak satu kepalan tangan tiap pot yang Anda tanami daun bawang.

Pupuk baru dapat digunakan setelah tanaman memasuki minggu ke-4. Anda juga dapat menggunakan pupuk urea namun dosisnya cukup berbeda.

7. Tahap Panen

Setekah daun bawang berusia 2,5 bulan, Anda dapat melakukan panen terhadap daun bawang.

Namun perhatikan ciri-ciri daun bawang yang telah siap untuk dipanen, diantaranya yaitu jumlah rumpun yang mulai banyak atau daun yang mulai berwarna kuning.

Untuk konsumsi pribadi, Anda tidak perlu menunggu sampai daun bawang menunjukkan ciri diatas.

Mungkin butuh sedikit kesabaran untuk menunggu panen dari daun bawang ini karena membtuhkan waktu 5 bulan untuk panen.

Namun secara garis besar cara menanam bawang daun tergolong cukup mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja, baik penggiat tanaman maupun ibu rumah tangga yang membutuhkan daun bawang dalam tiap masakannya.

Loading...
0 Shares

No Responses

Write a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: