Cara Menanam Cabe

Cara Budidaya Cabe di Rumah

Kebanyakan orang menyukai rasa pedas pada makanannya. Mulai dari makanan berat seperti gulai pedas sampai dengan cemilan seperti rujak atau keripik pedas menjadi makanan favorit banyak kalangan.

Pernahkah Anda berpikir tentang cara menanam dan budidaya cabe sebagai lahan bisnis sampingan?

Harga cabe rawit sering mengalami kenaikan harga. Ini disebabkan oleh jumlah pasokan cabai dari petani yang sedikit. Kebanyakan cabai menjadi gagal panen karena musim kemarau panjang.

Sebagian kegagalan panen juga disebabkan oleh hama atau penyakit pada tanaman cabe. Karena itu budidaya cabe memiliki prospek yang menjanjikan.

Berikut cara menanam dan budidaya cabe di Rumah

1. Memilih Bibit Cabe

Saat Anda hendak menanam cabe di rumah, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih bibit cabe terbaik untuk dibudidayakan.

Bibit cabe dapat Anda beli di toko tanaman terdekat, namun biasanya bibit cabe yang ada di pasaran dijual dengan skala besar. Bila Anda hanya ingin mencoba di awal mungkin ini terlalu banyak bagi Anda.

Bila membeli bibit cabe dirasa terlalu menyusahkan, Anda bisa mendapatkan biji cabe dengan mengambil biji dari dalam buah cabe yang masih bagus dan segar.

Biji cabe yang telah Anda pilih kemudian harus dijemur selama 3 jam dalam air hangat.

2. Penyemaian Terhadap Bibit Cabe

Setelah melakukan pemilihan terhadap biji cabe, Anda dapat melanjutkan dengan menyediakan polybag sebagai media penyemaian biji cabe.

Masukkan tanah dan juga pupuk dalam polybag dengan skala sekitar 3:1. Biarkan media ini selama 1 minggu di tempat yang tertutup kemudian Anda dapat menanam benih hingga benih tersebut mulai berkecambah.

3. Pemindahan Tanaman Cabe

Setelah melakukan penyemaian, Anda dapat melakukan pemindahan tanaman ke lahan yang lebih besar bila Anda memiliki pekarangan sendiri.

Sebelumnya, tanah pada lahan harus digembur dengan pupuk kompos. Pupuk kompos akan membuat tanaman cabe menjadi lebih organik dibanding pupuk lainnya.

4. Merawat Pohon dan Buah Cabe

Merawat pohon dan buah cabe tidak sulit. Sama seperti tanaman lain, Anda perlu menyiram tanaman cabe setiap hari dan memastikan tanah sekitar tanaman cabe tetap lembab.

Selain itu beri perhatian terhadap tanaman jika ada hama atau penyakit yang mengganggu, pastikan juga Anda tidak menanam tanaman cabe terlalu dekat satu sama lainnya.

5. Panen Buah Cabe

Biasanya, tanaman cabe akan dapat dipanen dalam waktu sekitar dua hingga tiga bulan semenjak ditanam.

Umur dari pohon cabe biasanya mencapai hingga 24 bulan sehingga ada banyak kesempatan bagi Anda untuk memanen buah cabai.

Setelah melakukan panen buah cabe, tetap lakukan perawatan sama seperti sebelumnya.

6. Mengolah Buah Cabe

Tahukah Anda jika cabe kaya akan vitamin C? Mungkin Anda yang menyukai rasa pedas cabe hanya cukup dijadikan sebagai penyedap makanan.

Cabe paling sering diolah menjadi sambal. Namun ternyata buah ini dapat diolah menjadi makanan sedap lainnya, misal menjadi abon cabe yang dapat Anda tambahkan dengan bahan lainnya atau menjadi acar.

Tentu cara menanam dan budidaya cabe dirumah sendiri akan menjadi kegiatan yang menarik bagi Anda yang menyukai aneka makanan pedas.

Meskipun tidak terlalu sulit namun menanam dan budidaya cabe membutuhkan banyak perhatian. Selain itu menanam cabe sendiri juga bisa menjadi keuntungan saat harga cabe di pasaran sedang meroket.

Loading...
0 Shares

No Responses

Write a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: