Cara Atasi Hama dan Penyakit Ikan Mas, Seperti Apa?

Cara Atasi Hama dan Penyakit Ikan Mas, Seperti Apa?

Mengenal hama dan penyakit ikan mas dan pengendalian adalah hal yang wajib diketahui oleh Anda yang akan ikut beternak atau membudidayakan jenis ikan tawar satu ini.

Ikan mas termasuk dalam salah satu jenis ikan air tawar yang mudah untuk dipelihara namun juga bisa terserang hama dan penyakit.

Ada beberapa hama dan penyakit yang bisa membuat kondisi fisik ikan mas menurun dan lebih buruk bisa juga membuat ikan mas mati. Beberapa hama dan penyakit ini terdiri dari virus, bakteri dan juga hewan-hewan lainnya.

Akan tetapi ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantu mengendalikan dan membasmi hama dan penyakit pada ikan mas.

Mengenal Hama dan Penyakit Ikan Mas dan Pengendalian

1. Hama ikan mas

Hama pada ikan mas bisa bermacam-macam, dari yang berukuran besar hingga yang berukuran kecil. Jenis hama pada ikan dibedakan menjadi tiga yaitu hama pemangsa atau preator, hama pesaing atau kompetitor dan hama penganggu. Di bawah ini akan disebutkan beberapa hama pada ikan mas, di antaranya.

  • Ikan gabus

Adanya ikan gabus bisa terjadi pada kolam budidaya yang terbuka. Untuk mencegahnya bisa dengan menjemur dasar kolam sebelum memulai budidaya. Bisa juga dengan memasang penyaring pada kolam. Sementara untuk pemberantasan bisa dengan dipancing menggunakan ikan kecil atau kodok.

  • Belut dan kepiting

Hama belut dan kepiting bisa termasuk dalam hama pengganggu dan juga hama pemangsa. Penanggulangan atau cara mengatasinya bisa dilakukan dengan cara mekanis seperti dipancing atau dijaring.

  • Kodok dan ular

Kodok dan ular bisa menjadi hama pemangsa untuk ikan mas. Kodok dan ular akan memangsa ikan yang masih berukuran benih atau larva. Ular bisa diatasi dengan cara ditangkap, sementara kodok bisa dicegah atau diatasi dengan rutin membersihkan kolam dari telur-telur kodok.

  • Linsang

Linsang atau berang-berang adalah hewan pemangsa yang menjadikan ikan sebagai buruannya. Linsang bisa menjadi hama yang berbahaya untuk ikan mas.

2. Penyakit ikan mas

Penyakit pada ikan mas bisa terjadi karena beberapa hal seperti karena organisme patogen maupun karena kondisi lingkungan yang buruk. Kondisi lingkungan yang bisa sebabkan penyakit bisa datang karena kualitas air yang buruk, racun dari zat berbahaya maupun karena kekurangan nutrisi.

  • Bintik putih

Penyakit bintik putih atau white spot pada ikan disebabkan oleh ichthyophthirius multifiliis. Bintik putih terlihat pada permukaan tubuh ikan dan pada bagian alat pernapasan atauinsang.

Pencegahan dilakukan dengan menjaga kualitas air dan memberikan sirkulasi yang baik pada air kolam. Penyakit ini juga bisa diobati dengan menggunakan garam.

  • Insang bengkak

Pembengkakan pada insang dan badan disebabkan oleh myxospores atau sejenis spora. Untuk pencegahan, bisa dilakukan dengan mengeringkan dan menjemur kolam sebelum memulai budidaya.

  • Cacing pada insang dan kulit

Seperti namanya, penyakit ini disebabkan oleh sejenis cacing yang bisa membuat tubuh ikan kurus dan sisiknya buram.

  • Kutu ikan

Gejala kutu ikan terlihat dari adanya bercak merah pada sirip, kulit dan insang. Pengobatannya bisa dengan merendam ikan dalam garam dapur.

  • Jamur

Penyakit jamur biasanya ditemukan di bagian kepala, tutup insang dan sirip. Gejalanya terlihat seperti kapas yang menempel pada tubuh ikan.

Untuk gangguan  cacing, kutu dan jamur pada ikan, cara efektifnya adalah penggunaan obat yang sesuai, umumnya dicampurkan dalam kolam.

Mengenal hama dan penyakit ikan mas dan pengendalian tentunya sangat wajib diketahui oleh pembudidaya ikan dan masih ada beberapa jenis penyakit lainnya, seperti contohnya penyakit gatal, bakteri dan koi herves virus atau KHV.

Jika ikan Anda mengalami hal seperti d atas segera atasi dengan obat atau dengan cara-cara yang disarankan.

Baca juga: Cara Pemijahan Ikan Mas

Loading...
0 Shares

No Responses

Write a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: