Jenis Ayam Boilers

Jenis Ayam Boilers di Indonesia

Anda pasti sering mendengar istilah ayam boiler bukan? Ayam bioler merupakan jenis ayam yang dimanfaatkan dagingnya sehingga pertumbuhanya lebih cepat.

Jenis ayam boilers saat ini sudah beragam. Bahkan ayam boiler bisa dikonsumsi pada usia 35 hari atau 40 hari dengan sistem pemeliharaan khusus yang dilakukan untuk ayam tersebut.

Jenis Ayam Boilers

Ayam boiler mempunyai daging yang empuk dan gampang diolah menjadi berbagai macam olahan. Karena yam tersebut hasil dari ayam hutan yang didomestikasikan.

Namun, daging ayam bioler jika direbus terlalu lama akan hancur. Ayam ini banyak dipelihara di industri besar terutama yang bergerak di bidang makanan.

Ayam boiler yang ada di Indonesia saat ini dihasilkan dari penyilangan atau genetika. Seiring dengan perkembangan teknologi, ayam tersebut semakin berkualitas dan banyak dibudidayakan. Berikut jenis strain ayam boiler yang ada di Indonesia.

1. Jenis Chantecler

Jenis ayam ini lebih jinak dan mempu menghasilkan telur 200 pertahun. Chantecler mempunyai bobot hingga 4 kg untuk ayam jantan.

Untuk ayam betina bobotnya mencapai 3 kg. Pertumbuhan ayam Chantecler sangat cepat dan dapat dipanen selama 11 hingga 16 minggu.

2. Jenis Buckeye

Ayam Buckeye mempunyai bulu yang tebal karena dapat hidup pada iklim dingin. Ayam ini lebih jinak, dan mudah untuk menyesuaikan diri dengan lingkunganya.

Buckeye juga tahan terhadap serangan penyakit. Bobotnya ayam jantan mencapai 4 kg dan ayam berina 3 kg. Ayam jenis Buckeye dapat dipanen selama 16 hingga 21 minggu.

3. Jenis Turken

Ayam Turken mempunyai ciri fisik yang sangat khas yaitu lehernya tidak berbulu. Ayam ini mirip dengan ayam kalkun.

Turken mampu beradaptasi dengan lingkungan dengan mudah baik itu di musim panas atau dingin. Turken juga dapat menjadi induk yang hebat dengan berat sekitar 2.7 kg. Masa panennya sekitar 11 hingga 18 minggu.

4. Jenis Egyptian Fayoumi

Jenis ayam yang satu ini sangat aktif. Egyptian Fayoumi tahan terhadap penyakit dan pergerakanya sangat agresif. Egyptian Fayoumi mampu menghasilkan telur hingga 150 dalam satu tahun. Bobotnya sekitar 2.3 kg dan mempunyai telur yang enak.

5. Jenis Brown Leghorn

Jenis ayam Brown Leghorn ini berwarna coklat dan putih. Brown Leghorn sangat produktif untuk menghasilkan telur.

Dalam satu tahun mereka mampu bertelur hingga 280 buah. Bobot ayam ini sekitar 2.8 kg dengan daging yang enak. Brown Leghorn dapat hidup di iklim panas dan bisa dipanen setelah 16 hingga 21 minggu.

6. Jenis Freedom Rangers

Ayam Freedom Rangers mudah dipelihara dan suka berkeliaran di tempat yang luas dan lapang. Ayam ini mempunyai berat sekitar 2.7 kg namun pertumbuhanya sangat cepat.

Hanya 9 sampai 11 minggu ayam Freedom Rangers sudah dapat dipanen. Biasanya ayam v dipelihara untuk pasar daging yang bebas pestisida.

7. Jenis Orpington

Jenis ayam Orpington mempunyai tubuh yang besar. Bobotnya bisa mencapai 4.5 kg. Pertumbuhanya sangat lambat namun daging ayam ini sangat enak, empuk dan lembut. Ayam Orpington dapat dipanen setelah 18 sampai 24 minggu.

8. Jenis Bresse

Jenis ayam Bresse berwarna putih dengan bagian kepala berwarna merah terang. Ayam ini sangat terkenal dan cukup mahal.

Masa panennya sekitar 16 sampai 21 minggu. Pemeliharaanya cukup sulit namun daging ayam ini sangat lembut dan enak. Bobotnya hanya mencapai 2.3 kg untuk ayam betina dan 3 kg untuk ayam jantan.

Budidaya ayam boiler biasanya digunakan untuk industri pasar. Karena ayam boiler mempunyai daging yang lebih empuk, lembut dan enak.

Jenis ayam boilers mempunyai keunggulan masing-masing. Baik dari pertumbuhanya, bobotnya dan daging yang dihasilkan.

Loading...
0 Shares

No Responses

Write a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: