Cara Budidaya Ikan Cupang

Mudah Bagi Pemula, Ini 5 Cara Budidaya Ikan Cupang

Di antara banyaknya bisnis budidaya ikan, salah satu yang cukup menjanjikan adalah budidaya ikan cupang. Mengapa demikian? Karena ikan cupang banyak disukai oleh orang-orang sehingga budidaya ikan cupang tidak akan merugikan.

Namun, tidak semua orang bisa melakukan budidaya ikan cupang, untuk itu, bagi para pemula, ada baiknya mulai mencari tahu cara budidaya ikan cupang yang benar.

Hal ini dilakukan agar proses budidaya berlangsung maksimal dan optimal. Apalagi proses budidaya ikan cupang tidak hanya melalui satu dua proses saja, namun bisa sampai 5-6 proses.

Untuk itu, bagi Anda para pemula yang hendak melakukan budidaya ikan cupang, berikut beberapa cara yang bisa Anda jadikan rujukan untuk melakukan budidaya.

Cara Budidaya Ikan Cupang

Ikan cupang termasuk ikan yang mudah dikembang biakkan. Ini karena ikan cupang pandai hidup di air yang sedikit oksigennya. Untuk mulai melakukan budidaya, berikut beberapa step yang harus Anda lakukan diantaranya

1. Pemilihan Jenis Ikan Cupang

Yang pertama harus Anda ketahui adalah soal pemilihan jenis ikan cupang. Di dunia sendiri, terdapat dua jenis ikan cupang yakni ikan cupang tarung atau adu, dan ikan cupang hias.

Ikan cupang adu dibudidayakan memang untuk dipertarungkan, Sedang ikan cupang hias hanya untuk hiasan dan dijual karena keindahannya. Pastikan memilih satu dari dua jenis ikan ini.

2. Memilih Indukan Cupang

Setelah memilih jenis cupang yang hendak dibudidaya, yang kedua adalah proses pemilihan indukan cupang. Pilihlah indukan cupang dari keturunan bibit unggul karena hal ini akan membuat cupang hasil budidaya menjadi berkualitas.

Cara memilihnya ialah jangan memilih indukan cupang yang cacat atau badannya ada yang terkena penyakit.

3. Pemijahan pada Ikan Cupang

Setelah memilih induk, proses selanjutnya adalah pemijahan. Yang perlu Anda siapkan adalah tempat khusus untuk pemijahan. Bisa dengan akuarium kecil, baskom, atau juga ember. Tak hanya itu, siapkah juga gelas kecil untuk tempat cupang betina nanti.

Prosesnya, pertama isi air dalam wadah yang sudah disiapkan. Lalu tambahkan tanaman ke dalam wadah.

Tanaman ini berfungsi sebagai untuk melindungi burayak. Kemudian, masukkan ikan cupang jantan dalam baskom, kemudian tunggu sampai ikan membuat gelembung lalu masukkan ikan betina. Jika pembuahan sudah terjadi, langsung angkat ikan betina dan pisahkan dari telur-telurnya.

4. Memberi Makan Ikan Cupang

Setelah proses pemijahan, yang tak kalah penting adalah memberi makan ikan-ikan cupang hasil pemijahan. Ikan cupang diketahui menyukai beberapa makanan seperti kutu air, dan larva nyamuk. Dalam sehari, Anda bisa memberinya makan 3 atau bisa juga sampai 4 kali. Hal ini dilakukan agar pertumbuhan cepat berlangsung.

Tapi ingat, jangan terlalu banyak memberi makan dalam satu kali pemberian. Makanan yang terlalu banyak bisa membuat air keruh. Hal itu justru membuat ikan tidak sehat.

5. Merawat Ikan Cupang

Kendati memiliki daya tahan hidup yang tinggi karena bisa hidup di lingkungan dengan oksigen minim, bukan berarti Anda boleh mengabaikan kehidupan cupang. Anda harus benar-benar menjaga air dalam kolam cupang. Karena jika kondisi tidak bersih, tentu keindahan cupang akan berkurang.

Di atas adalah 5 cara budidaya ikan cupang yang bisa Anda aplikasikan di rumah. Kendati masih pemula, dengan melakukan deretan cara di atas, Anda akan dengan mudah mengembang biakkan ikan cantik satu ini.

Jangan lupa untuk tetap memerhatikan hidup cupang dengan terus merawatnya sesuai dengan proses yang sudah dibahas di atas.

Loading...
0 Shares

No Responses

Write a response

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: